Sabtu 26 Sep 2020 06:46 WIB

Begini Kisah Penikaman di Dekat Kantor Charlie Hebdo, Paris

Para korban di serang ketika tengah merokok di dekat kantor Charlie Hebdo

Keamanan diperketat saat polisi menyisir lokasi serangan di dekat Boulevard Richard-Lenoir
Foto: BBC.com
Keamanan diperketat saat polisi menyisir lokasi serangan di dekat Boulevard Richard-Lenoir

REPUBLIKA.CO.ID, Penusukan di Paris yang menyebabkan dua orang terluka parah dianggap sebagai serangan teror. Hal ini dikatakan menteri dalam negeri Prancis, Gerald Darmanin.

"Serangan di dekat bekas kantor majalah satir Charlie Hebdo jelas merupakan tindakan 'terorisme Islam','' katanya seperti diutip dai BBC.com.

Pihak kepolisian Prancis pun mengatakan seorang pria berusia delapan belas tahun asal Pakistan yang digambarkan sebagai tersangka utama ditangkap di dekat tempat kejadian. Enam orang lainnya ditahan dan sedang diinterogasi.

Para korban penikaman itu adalah seorang pria dan seorang wanita yang bekerja di sebuah perusahaan produksi TV. "Mereka terluka parah oleh senjata jenis parang," kata polisi. Namun, Perdana Menteri Prancis, Jean Castex,  yang mengatakan kepada wartawan di tempat kejadian --yakni di dekat Boulevard Richard-Lenoir --menegaskan nyawa mereka tidak dalam bahaya.

Serangan itu terjadi ketika pengadilan tingkat tinggi sedang berlangsung terhadap 14 orang yang dituduh membantu dua jihadis melakukan serangan 2015 terhadap Charlie Hebdo, di mana 12 orang tewas. Kini  pihak keamanan meminta Kepala Redaksi Charlie Hebdo berpindah rumah untuk mengamanan diri. Kantor Majalah tersebut jua telah dipindahkan ke lokasi rahasia.

Apa kata pejabat yang terjadi?

Dalam wawancara dengan penyiar France 2, Darmanin menggambarkan penikaman itu sebagai "serangan berdarah baru terhadap negara kita, terhadap jurnalis".

"Itu adalah jalan tempat Charlie Hebdo dulu berada. Inilah cara 'teroris Islam' beroperasi," kata menteri dalam negeri.

Dia mengatakan dia telah memerintahkan keamanan untuk ditingkatkan di sekitar sinagog akhir pekan ini untuk perayaan Yom Kippur, hari paling suci dalam kalender Yahudi.

Tersangka utama belum disebutkan namanya, tetapi Darmanin mengatakan dia tiba di negara itu tiga tahun lalu "sebagai anak di bawah umur" berkebangsaan Pakistan.

Menteri menambahkan bahwa tersangka tidak dikenal karena diradikalisasi, tetapi telah ditangkap sebelumnya karena membawa obeng.

Map locatorBagaimana serangan itu terjadi?

Kolega para korban mengatakan kala serangan penikaman terjadi mereka tengah berada di luar kantor produksi berita Premieres Ligne. Mereka saat itu tengah asyik  merokok.

Perusahaan ini memiliki kantor di Rue Nicolas Appert, di pinggir jalan Boulevard Richard-Lenoir di mana bekas kantor Charlie Hebdo berada. Sebuah lukisan dinding untuk mereka yang terbunuh dalam serangan Charlie Hebdo ada di dekatnya.

"Saya pergi ke jendela dan melihat seorang rekan berlumuran darah. Dia dikejar oleh seorang pria dengan parang," kata seorang karyawan yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

"Mereka berdua terluka parah," kata Paul Moreira, pendiri dan kepala Perdana Menteri Lignes, kepada kantor berita AFP.

Victim of Paris stabbing receives treatmentIMAGE COPYRIGHimage cap 
  • Keterangan foto: Seorang pedagang lokal, yang mengambil foto korban sedang dirawat, mengatakan ada kepanikan di luar tokonya

Polisi segera menutup arondisemen ke-11 di timur Paris dan sebilah pisau - yang digambarkan sebagai golok atau pisau daging - ditemukan di dekatnya. Stasiun metro terdekat ditutup dan lima sekolah di daerah itu segera diisolasi. Sekolah-sekolah tersebut diizinkan untuk dibuka kembali beberapa jam kemudian.

Polisi mengatakan mereka menangkap tersangka utama di dekat daerah Bastille. Tak lama kemudian, seorang pria yang dikatakan berasal dari Aljazair juga ditahan.

 

Beberapa jam kemudian lima pria lainnya, yang dikatakan berasal dari Pakistan, ditahan di pinggiran timur laut Pantin selama penggeledahan gedung yang diyakini sebagai rumah tersangka utama, lapor media Prancis, mengutip polisi.

French Prime Minister Jean Castex with Interior Minister Gérald Darmanin and Paris Mayor Anne Hidalgo

  • Keterangan foto: Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengunjungi tempat kejadian yang diapit oleh Menteri Dalam Negeri Gérald Darmanin dan Walikota Paris Anne Hidalg

Dalam sebuah tweet, Charlie Hebdo mengungkapkan "dukungan dan solidaritas dengan bekas karyawan kantor tetangganya itu dan orang-orang yang terkena dampak serangan ini.

Bagaimana dengan uji coba baru?

Sebelumnya, Charlie Hebdo menandai dimulainya persidangan dengan mencetak ulang kartun kontroversial Nabi Muhammad. Kartun aslinya telah memicu kemarahan dan protes di beberapa negara mayoritas Muslim.

Menanggapi pencetakan ulang tersebut, kelompok militan al-Qaeda memperbarui ancamannya terhadap majalah tersebut. Kepala bagian sumber daya majalah itu mengatakan awal pekan ini bahwa dia telah pindah dari rumahnya setelah menerima ancaman pembunuhan.

Para terdakwa dalam persidangan juga dituduh membantu 'jihadis' lain melakukan serangan terkait di mana dia menembak mati seorang polisi wanita, kemudian menyerang sebuah toko Yahudi, dan kemudian menewaskan empat orang.

17 korban tewas dalam kurun waktu tiga hari. Ketiga penyerang dibunuh oleh polisi. Pembunuhan itu menandai awal gelombang serangan jihadis di seluruh Prancis yang menewaskan lebih dari 250 orang.

Apa yang terjadi pada 2015?

Pada 7 Januari tahun itu, dua pria bersenjata Chérif dan Saïd Kouachi -- menyerbu kantor Charlie Hebdo di Rue Nicolas-Appert. Setelah itu mereka menembaki stafnya.

 

Editor majalah pada saat itu, Stéphane Charbonnier, lebih dikenal sebagai Charb, termasuk di antara empat kartunis terkenal yang terbunuh.

Policemen are seen next to a painting in tribute to members of Charlie Hebdo newspaper

  • Keterangan foto: Sebuah lukisan dinding untuk menghormati mereka yang tewas dalam serangan Charlie Hebdo didirikan di Rue Nicolas-Appert.

Orang-orang bersenjata itu akhirnya dibunuh oleh pasukan keamanan setelah perburuan yang lama. Korban mereka adalah delapan wartawan, dua petugas polisi, satu pengurus dan seorang pengunjung.

Dalam serangan terkait hanya beberapa hari kemudian, pria bersenjata Amedy Coulibaly membunuh tiga pelanggan dan seorang karyawan dalam pengepungan sandera di supermarket Yahudi Hyper Cacher di Porte de Vincennes di timur Paris. Dia juga sebelumnya menembak mati seorang polisi wanita di kota.

 Pasukan keamanan akhirnya menyerbu supermarket sebelum membunuhnya dan membebaskan sandera yang tersisa.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement