Sabtu 26 Sep 2020 05:23 WIB

Bahaya, Cepat Hapus 6 Aplikasi Ini dari iPhone dan Android

Bahaya dan Bisa Kuras Dompet! Cepat Hapus 6 Aplikasi Ini dari iPhone dan Android Anda!

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Bahaya dan Bisa Kuras Dompet! Cepat Hapus 6 Aplikasi Ini dari iPhone dan Android Anda!. (FOTO: Unsplash/Mika Baumeister)
Bahaya dan Bisa Kuras Dompet! Cepat Hapus 6 Aplikasi Ini dari iPhone dan Android Anda!. (FOTO: Unsplash/Mika Baumeister)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Perhatian! Ada sejumlah aplikasi yang mesti segera Anda hapus dari perangkat iOS ataupun Android! Sebab, jika tidak, maka Anda harus berhadapan dengan risiko kerugian dan pemerasan.

Melansir laman Ars Technica, Jumat (25/9/2020), para peneliti keamanan menemukan adware dan beberapa aplikasi yang menipu publik. Parahnya, aplikasi itu terdaftar di App Store Apple dan Google Play Store.

Laporan penelitian menyebut, "pemasangan aplikasi telah terjadi lebih dari 2,4 juta kali, pengembangnya berpura-pura menawarkan fitur berupa gambar latar, konten, hiburan, dan musik. Sejumlah aplikasi bahkan menayangkan iklan tanpa persetujuan."

Baca Juga: Peluang Bisnis Reseller di Tengah Pandemi: Omzet Naik 4 Kali Lipat Loh!

Baca Juga: Pemerintah Thailand Marah: Tuntut Facebook, Twitter, dan Google! Waduh, Kenapa Tuh?

Kejahatan itu terjadi akibat trojan bernama HiddenAds yang tersembunyi. Para peretas mengumpulkan keuntungan dari penayangan iklan lewat trojan itu.

Sebab, selain mengirimkan adware, sejumlah aplikasi itu juga mengenakan biaya Rp28 ribu-Rp140 ribu untuk transaksi di dalam aplikasi--dan itu tak berguna. Yang berbahaya, beberapa aplikasi spam/scam itu mendapat promosi dari influencer TikTok dengan ratusan ribu pengikut.

Perusahaan data analisis aplikasi, Sensor Tower memperkirakan, pengembang jahat itu telah mengumpulkan Rp3 miliar berkat aksinya.

Lantas, aplikasi apa saja yang mesti Anda hapus dari HP? Berikut ini daftarnya!Google Play Store:

Google Play Store

  • ThemeZone - Shawky App Free - Shock My Friends
  • Tap Roulette ++Shock my Friend
  • Ulimate Music Downloader - Free Download Music

App Store:

  • Shock My Friends - Satuna
  • 666 Time
  • ThemeZone - Live Wallpapers
  • Shock my friend tap roulette v

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement