Jumat 25 Sep 2020 21:23 WIB

Korlantas Polri Rapid Test Gratis Para Sopir dan Kondektur

Para sopir dan kondektur bus melakukan rapid test.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Muhammad Hafil
Korlantas Polri Rapid Test Gratis Para Sopir dan Kondektur. Foto: Rapid Test (Ilustrasi).
Foto: AP Photo/John Minchillo
Korlantas Polri Rapid Test Gratis Para Sopir dan Kondektur. Foto: Rapid Test (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyalurkan 1.500 paket sembako dan melakukan rapid test gratis kepada pengemudi dan kondektur bus di Jakarta Timur. Para sopir bus dan kondektur diharapkan dapat ikut menyosialisasikan 3M, yakni mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

"Pagi hari ini kita melakukan lagi bakti sosial di salah satu titik di pool bus. Kemarin rekan-rekan pengayuh becak, sekarang pool bus karena mereka ini hari-harinya melayani masyarakat yang rentan terhadap kesehatan," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono, dalam keterangannya, Jumat (25/9).

Baca Juga

Penyaluran bantuan itu dilakukan di PO Pool Bus antarkota antarprovinsi, Ciracas, Jakarta Timur. Menurut Istiono, pengemudi bus merupakan partner kepolisian lalu lintas sebagai wujud ketertiban di jalan. Dia juga menilai, potret ketertiban masyarakat juga berada di tangan mereka karena membawa penumpang yang banyak. Karena itu, penting bagi mereka untuk menjaga kesehatan.

"Mereka juga harus menjaga kesehatan. Ini menjadi penting dan ini harus kita sosialisasikan dan harus dipatuhi bersama supaya tetap sehat," terangnya.

Kakorlantas berharap, para sopir bus dan kondektur mampu menjadi duta kesehatan kita di lapangan. Dia berharap, sebagai potret yang harus patuh terhadap gerakan 3M, mereka dapat ikut untuk menyosialisasikan 3M itu juga kepada masyarakat. Arti dari 3M itu, yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak.

"Mereka sebagai potret yang harus patuh terhadap 3M. Oleh karena itu saya berharap banyak dari sopir bis ini menjadi duta kita untuk menyosialisasikan 3M," kata dia.

Pelaksanaan bakti kemanusiaan dilangsungkan dengan peraturan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat seperti ruang sterilisasi, cuci tangan, pengecekan suhu, pengunaan masker dan rapid test. Bakti sosial ini didukung langsung berkat kerjasama bersama BNI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement