Jumat 25 Sep 2020 15:42 WIB

Pertamina Sumbar Berdayakan UMKM Produksi Masker

Pertamina telah menyalurkan 2.250 masker hasil produksi mitra binaan Pertamina MOR I.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Friska Yolandha
Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I turut membantu mengkampanyekan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Sumatera Barat untuk memutus mata rantai penularan covid-19, salah satunya membagikan masker buatan mitra binaan.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I turut membantu mengkampanyekan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Sumatera Barat untuk memutus mata rantai penularan covid-19, salah satunya membagikan masker buatan mitra binaan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I turut membantu mengkampanyekan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Sumatera Barat untuk memutus mata rantai penularan covid-19. Terlebih dalam waktu dekat, Sumbar akan menerapkan Peraturan Daerah (Perda) AKB. Untuk mendukung hal tersebut, Pertamina berusaha memberdayakan UMKM binaan mereka untuk memproduksi masker.

"Kami memberikan bantuan covid-19 di mana kali ini dalam bentuk masker. Untuk memberdayakan UMKM yang juga terdampak ekonominya akibat pandemi, produksi masker dilakukan oleh UMKM mitra binaan Pertamina," kata Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR I, Roby Hervindo, Jumat (25/9).

Roby menyebut pihaknya telah memberikan bantuan sejumlah 2.250 masker hasil produksi mitra binaan Pertamina MOR I. Bantuan ini diserahkan melalui Pemerintah Kota Padang dan masyarakat yang ada di sekitar Fuel Terminal Teluk Kabung.

Roby menjelaskan masker ini diproduksi oleh UMKM Toko Ambun Suri yang menjadi mitra binaan Pertamina sejak 2015 silam. Sebelum pandemi melanda, Ambun Suri sebenarnya membuat dan menjual beragam produk fesyen. Di antaranya mukena, hijab, baju, tas, taplak meja, pembungkus kotak tisu dan lain sebagainya. Mereka beradaptasi dengan kondisi pandemi sehingga sekarang juga memproduksi masker kain.

Sementara bantuan masker untuk masyarakat sekitar FT Teluk Kabung, masker dibuat oleh UMKM binaan FT Teluk Kabung yakni Dkartinis, memproduksi masker bantuan tersebut. Kelompok binaan usaha kecil menjahit dan souvenir ini mulai dibentuk dan mendapatkan pengembangan sejak 2017.

Selain bantuan masker, Pertamina MOR I

sebelumnya telah membagikan beragam bantuan pencegahan dan penanganan covid-19 di Sumbar. Yaitu berupa 50 buah hazmat suit, 50 pasang sarung tangan medis, 120 sepatu bot medis dan 80 kaca mata medis kepada rumah sakit rujukan covid-19 Sumbar. Juga bantuan 600 paket sembako berisi beras 5 kg, gula 1 kg, sarden, sabun cair dan madu, serta 500 paket makanan bagi tenaga medis.

"Kami berharap bantuan ini dapat sedikit membantu masyarakat Sumbar dalam menghadapi dan bersama bangkit dari pandemi," ucap Roby.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement