Sabtu 26 Sep 2020 03:08 WIB

Penyebaran Covid-19 Banyak dari Pasien Asimptomatik

Viral load orang yang positf Covid-19 asimptomatik sama banyak dengan yang bergejala.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah pelanggar aturan penggunaan masker dihukum lari sejauh 800 meter saat digelar operasi yustisi protokol kesehatan di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (16/9/2020). Operasi gabungan TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan penegakan hukum pelanggar protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.
Foto: MUHAMMAD IQBAL/ANTARA
Sejumlah pelanggar aturan penggunaan masker dihukum lari sejauh 800 meter saat digelar operasi yustisi protokol kesehatan di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (16/9/2020). Operasi gabungan TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan penegakan hukum pelanggar protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua penelitian terbaru menemukan adanya penyebaran Covid-19 dari orang positif Covid-19 yang asimptomatik. Orang tanpa gejala, menurut studi yang diterbitkan di jurnal Thorax, dapat membawa virus di hidung dan tenggorokannya sebanyak orang yang menunjukkan gejala penyakit.

Sementara itu, studi yang diterbitkan di Plos Medicine menemukan bahwa walaupun mayoritas orang yang terinfeksi mengembangkan gejala, mereka kemungkinan sudah positif Covid-19 sebelum gejala itu muncul. Secara keseluruhan, penelitian ini menggarisbawahi perlunya tindakan pencegahan untuk memperlambat penyebaran virus corona.

Baca Juga

"Bahkan, jika orang tampak sehat, mereka tetap harus memakai masker untuk mengurangi risiko penyebaran tanpa gejala," kata Dr. William Schaffner, ahli penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee dilansir laman NBC, Kamis (24/9).

Dalam studi Thorax, para peneliti di Asan Medical Center di Seoul, Korea Selatan, membandingkan apa yang disebut viral load, yaitu jumlah virus yang bersembunyi di dalam tubuh di antara 183 pasien Covid-19. Dari jumlah tersebut, 144 memiliki gejala ringan, seperti sakit tenggorokan, menggigil, pilek atau kehilangan nafsu makan, dan 39 pasien tidak pernah mengalami gejala apa pun, tetapi menjalani karena mereka telah diidentifikasi melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Sampel usap yang diambil dari hidung dan tenggorokan pasien tidak menemukan perbedaan pada viral load dari kedua kelompok. Itu menunjukkan kedua kelompok dapat menyebarkan virus ke orang lain, menurut Schaffner, meskipun tidak jelas apakah kedua kelompok sama-sama menular.

"Mempertimbangkan bahwa sebagian besar individu tanpa gejala dengan Covid-19 cenderung tidak diketahui oleh petugas kesehatan dan terus tinggal di dalam komunitas, individu tersebut dapat bertindak sebagai kekuatan pendorong penting dalam penyebaran komunitas Covid-19 dan pandemi yang sedang berlangsung,"  kata dia.

Penelitian ini memiliki beberapa peringatan, yaitu tidak jelas seberapa menularkan setiap kelompok dan sebagian besar peserta berusia 20-an atau 30-an, sehingga temuan mungkin tidak berlaku untuk kelompok usia lain.   Namun, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa anak-anak di bawah usia lima tahun dapat membawa virus corona di hidung mereka sama banyaknya dengan anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa.

Secara keseluruhan, 20 persen dari peserta studi ditemukan asimptomatik. Inilah temuan yang tercermin dalam makalah kedua, yakni di Plos Medicine.

Dalam laporan itu, para peneliti di University of Bern di Swiss mengumpulkan data dari 79 studi tentang orang yang terinfeksi virus corona dari Maret hingga Juni.  Lebih dari 6.600 pasien dengan data tindak lanjut dimasukkan dalam analisis.

Ulasan Swiss membedakan antara kasus asimptomatik dan apa yang disebut kasus pra-gejala. Yang terakhir mengacu pada orang yang dites positif terkena virus ketika mereka masih merasa sehat, tetapi kemudian mengembangkan penyakitnya. Tidak mungkin untuk mengetahui pada saat pengujian apakah seseorang tanpa gejala nantinya akan mengembangkannya.

Peneliti memperkirakan 20 persen pasien yang dites positif Covid-19 tidak pernah mengalami gejala. Yang lain ternyata tidak bergejala, yang berarti gejala mereka tidak muncul sampai mereka diuji.

"Kedua studi ini memperkuat kebutuhan akan vaksin dan bahkan sebelum itu, masker, jarak sosial, dan kebersihan tangan merupakan langkah untuk mengurangi penularan virus ini," kata Schaffner.

Pakar penyakit menular di AS sebelumnya telah mengakui bahwa virus memang dapat menyebar, baik dari orang yang tidak menunjukkan gejala maupun tanpa gejala. Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Dr. Robert Redfield, mengatakan, pada bulan April bahwa beberapa kasus mungkin tidak menunjukkan gejala. Penelitian yang dipublikasikan pada Mei melaporkan sebanyak 40 persen kasus mungkin tanpa gejala.

"Tindakan jarak sosial perlu dipertahankan pada tingkat tertentu karena penularan droplet dari kontak dekat dengan orang dengan infeksi tanpa gejala dan tanpa gejala terjadi, "tulis penulis penelitian di Swiss.

Pekan lalu, CDC mengubah rekomendasi pengujiannya untuk kembali memasukkan orang yang tidak menunjukkan gejala. "Jika Anda telah melakukan kontak dekat, seperti dalam jarak dua meter dari seseorang positif Covid-19 selama setidaknya 15 menit dan tidak memiliki gejala, Anda memerlukan tes," tulis CDC di situsnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement