Jumat 25 Sep 2020 13:01 WIB

Sirkuit Mandalika Lombok Didukung Jaringan 4G

Infrastruktur jaringan 4G dibangun untuk mendukung pelaksanaan MotoGP 2021.

Seluruh areal sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, mendapat dukungan penuh jaringan 4G (Foto: Kawasan Sirkuit Mandalika MotoGP 2021)
Foto: AHMAD SUBAIDI/ANTARA FOTO
Seluruh areal sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, mendapat dukungan penuh jaringan 4G (Foto: Kawasan Sirkuit Mandalika MotoGP 2021)

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Platte, memastikan seluruh areal sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, mendapat dukungan penuh jaringan 4G. Infrastruktur ini dibangun dalam untuk kesiapan pelaksanaan MotoGP 2021.

"Saya sudah berkoordinasi khusus dengan pihak operator seluler dan mereka siap melengkapi dan membangun semua infrastruktur telekomunikasi jaringan internet di kawasan Mandalika untuk mendukung perhelatan ajang MotoGP mendatang," katanya saat meninjau sirkuit MotoGP Mandalika di Lombok Tengah, Kamis (24/9).

Baca Juga

Ia menjelaskan, Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) telah membangun enam base transceiver station (BTS) atau menara jaringan di kawasan Mandalika. Selain enam unit BTS yang telah dibangun, BAKTI juga menambah pembangunan tiga BTS yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020.

Total pembangunan BTS di wilayah Mandalika menjadi sembilan BTS, di samping layanan telekomunikasi yang dibangun oleh operator seluler seperti Telkomsel dan lain-lain. Percepatan pembangunan infrastruktur akan digesa karena kawasan Mandalika akan menjadi pintu gerbang dan etalase Indonesia mengingat Mandalika akan menggelar MotoGP 2021 yang merupakan ajang internasional dan membawa nama baik Indonesia.

"Mari kita kuatkan sinergi untuk mendukung. Memastikan pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat berjalan optimal, maksimal dan tepat waktu," katanya.

Selain itu, untuk mempercepat pembangunan infrastruktur TIK, Kementerian Kominfo juga akan menyediakan layanan jaringan internet di desa/kelurahan di NTB yang belum mendapatkan akses sinyal 4G. Dari data yang disampaikan, terdapat 70 desa atau kelurahan yang belum mendapatkan akses sinyal 4G. Sementara dari jumlah itu, hanya terdapat 35 desa/kelurahan yang akan dilengkapi dengan akses jaringan internet sinyal 4G sepanjang tahun 2021.

"Mudah-mudahan di tahun 2022, insyallah semua desa yang belum mendapatkan akses sinyal 4G ditargetkan semua selesai," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement