Jumat 25 Sep 2020 10:58 WIB

Pahala: Pendidikan Jadi Salah Satu Fokus CSR BTN

BTN bangun pendidikan lewat pelatihan developer dan perbaikan PAUD

Dirut Bank BTN Pahala N. Mansury menyatakan BTN memiliki Housing Finance Center (HFC) sejenis lembaga pendidikan yang fokus pada kegiatan pengembangan bisnis properti dengan modul pembelajaran bekerjasama perguruan tinggi ternama di Indonesia. HFC juga menganalisa perkembangan bisnis properti di Indonesia dan secara berkala dijadikan sebagai acuan dalam bisnis properti bagi para pelaku bisnis pada bidang tersebut.
Foto: Prayogi/Republika
Dirut Bank BTN Pahala N. Mansury menyatakan BTN memiliki Housing Finance Center (HFC) sejenis lembaga pendidikan yang fokus pada kegiatan pengembangan bisnis properti dengan modul pembelajaran bekerjasama perguruan tinggi ternama di Indonesia. HFC juga menganalisa perkembangan bisnis properti di Indonesia dan secara berkala dijadikan sebagai acuan dalam bisnis properti bagi para pelaku bisnis pada bidang tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN mengambil peran dalam mendukung sektor pendidikan melalui sejumlah program Corporate Social Responsibility (CSR). Beberapa kegiatan terkait dengan pendidikan sudah dilakukan Bank BTN dengan melibatkan mitra kerja. Misalnya dengan para pengembang yang tergabung dalam organisasi Real Estate Indonesia (REI), Bank BTN tercatat telah beberapa kali melakukan pendidikan pelatihan sebagai developer.

Terakhir Bank BTN tercatat baru saja melakukan pendidikan pelatihan untuk developer tangguh yang ditujukan untuk memberikan bekal kepada para pengusaha yang baru bergabung dengan REI. Setidaknya kegiatan itu diikuti oleh 1.000 pengembang di seluruh Indonesia. 

Menurut Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury, pandemi Covid-19 tidak mengganggu untuk bagaimana aktivitas dalam menambah ilmu tetap berjalan. "Kami melakukan pelatihan bersama sekitar 1.000 pengembang itu melalui virtual zoom dan kita bagi dalam tiga tahap. Masing-masing tahap dilakukan kelas selama tiga hari," tutur Pahala.

Pahala menambahkan, BTN memiliki Housing Finance Center (HFC) sejenis lembaga pendidikan yang fokus pada kegiatan pengembangan bisnis properti dengan modul pembelajaran bekerjasama perguruan tinggi ternama di Indonesia. HFC juga menganalisa perkembangan bisnis properti di Indonesia dan secara berkala dijadikan sebagai acuan dalam bisnis properti bagi para pelaku bisnis pada bidang tersebut.

Melalui HFC kami ingin turut ambil bagian dalam pengembangan bisnis properti dalam negeri sekaligus untuk bagaimana Bank BTN juga berperan dalam membantu pemerintah merealisasikan program sejuta rumah. HFC telah melahirkan ribuan pengembang baru semoga ini menjadi stimulus untuk dukungan tersebut.

Selain mengembangkan pendidikan bersama mitra kerja, Bank BTN juga fokus pada pendidikan untuk anak pada usia dini. Salah satunya dilakukan Bank BTN dengan program pembangunan PAUD Kuncup Kencana di wilayah Jakarta Timur. PAUD Kuncup Kencana merupakan binaan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) yang dikelola oleh

Persatuan Dharma Wanita DJPb. Saat itu, kondisi PAUD cukup memprihatinkan. Seperti material bangunan yang sudah rapuh, beberapa area bocor, dan sejumlah ruang kelas sudah tidak layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Untuk mendukung proses belajar mengajar, Bank BTN merenovasi PAUD Kuncup Kencana tersebut. Hasilnya, hampir seluruh ruangan dalam bangunan PAUD dibenahi. Renovasi yang dilakukan meliputi pemasangan dan perbaikan AC, pengecatan dan perbaikan pagar besi, perbaikan dinding dan plafond, pemasangan talang air, pembuatan papan tulis, pembuatan wastafel cuci tangan, pembuatan kitchen set gantung, serta pembangunan dua toilet baru.

Selain itu, segala sarana juga turut diperbarui seperti area bermain, meja, kursi dan lemari belajar. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas dan kondisi fisik bangunan PAUD Kuncup Kencana sehingga dapat memenuhi fungsinya sebagai prasarana pendidikan dan pembelajaran di sekolah serta terpenuhinya aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan bagi anak-anak PAUD.

Kegiatan CSR Bank BTN adalah bagaimana perusahaan turut serta dapat berperan dalam membangun bangsa. Salah satunya adalah melalui dunia pendidikan sebagai pencetak generasi penerus bangsa. 

"PAUD menjadi penting karena disinilah dasar membentuk pola pikir anak ke depan akan menjadi seperti apa dan Bank BTN sangat peduli dalam hal ini," tutur Pahala menambahkan.

Sementara itu Corporate Secretary Bank BTN, Ari Kurniaman mengatakan program CSR Bank BTN yang fokus pada pendidikan mencakup peningkatan layanan, kemudahan daninfrastruktur pendidikan. Hal ini dilakukan korporasi sebagai langkah nyata kontribusi Bank BTN terhadap sektor pendidikan melalui program renovasi PAUD milik DJPb yang merupakan mitra binaan Bank BTN.

Ari juga mengatakan bahwa nantinya model PAUD di Kuncup Kencana ini akan menjadi model Bank BTN dalam membangun atau merenovasi di beberapa wilayah Indonesia. Termasuk dalam hal ini membarikan bantuan Taman Baca di beberapa sekolah yang tersebar di 6 Kantor Wilayah Bank BTN. Fokus Bank BTN terhadap kemajuan sektor pendidikan sangat serius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement