Kamis 24 Sep 2020 20:13 WIB

Mercedes Benz Perkenalkan Actros Generasi Terbaru

Actros diklaim sebagai salah satu truk tercanggih saat ini.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Mercedes Benz meluncurkan The new Actros F yang dilengkapi dengan fitur Multimedia Cockpit, MirrorCam, Predictive Powertrain Control, Active Drive Assist 2, Active Brake Assist 5, Lane Keeping Assist dan Active Sideguard Assist.
Foto: Dok Mercedes Benz
Mercedes Benz meluncurkan The new Actros F yang dilengkapi dengan fitur Multimedia Cockpit, MirrorCam, Predictive Powertrain Control, Active Drive Assist 2, Active Brake Assist 5, Lane Keeping Assist dan Active Sideguard Assist.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART -- Truk merupakan salah satu sarana transportasi yang rentan terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Hal ini pun mendorong Mercedes Benz untuk terus menghadirkan produk dengan sejumlah fitur keamanan dan kenyamanan terkini.

Head of Mercedes-Benz Trucks, Stefan Buchner mengatakan, komitmen itu kali ini diwujudkan lewat peluncuran produk terbaru yakni Mercedes Benz The new Actros F. "Produk ini dihadirkan dengan memenuhi beragam permintaan perusahaan angkutan barang. Para pengguna pun menginkan produk yang menyajikan efisiensi, fungsionalitas, kenyamanan dan keselamatan," kata Stefan Buchner dalam Konferensi Pers Digital dari Jerman pada Rabu (23/9).

Baca Juga

Lewat sejumlah pengembangan, truk heavy duty itu kini dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti Multimedia Cockpit, MirrorCam, Predictive Powertrain Control, Active Drive Assist 2, Active Brake Assist 5, Lane Keeping Assist dan Active Sideguard Assist. Dengan sejumlah fitur itu, maka truk yang ditawarkan lewat 17 format itu pun diklaim jadi salah satu truk tercanggih saat ini.

Fitur Multimedia Cockpit sendiri merupakan fitur display pada dashboard yang lebih informatif. Lewat fitur ini, maka pengemudi dapat lebih mudah untuk mengetahui sejumlah instrumen penting terkait kondisi kendaraan.

Sedangkan fitur MirrorCam merupakan fitur kamera yang menggantikan fungsi spion. Dengan sistem yang ditunjang oleh display yang lebar, maka pengemudi dapat mengetahu kondisi di sekitar kendaraan dengan lebih optimal. Di satu sisi, fitur ini juga mampu menunjang efisiensi kendaraan karena truk tak lagi menggunakan kaca spion berukuran besar yang mempengaruhi aerodinamika kendaraan.

Selanjutnya, Predictive Powertrain Control merupakan fitur yang menunjang performa dan efisiensi karena sistem akan mengatur posisi transmisi yang paling pas sesuai dengan kondisi lalu lintas dan topografi.

Nah, untuk fitur Active Drive Assist 2, Active Brake Assist 5, Lane Keeping Assist dan Active Sideguard Assist adalah fitur yang mampu memberikan peringatan dan intervensi bagi pengemudi. Dengan perpaduan sistem ini, maka truk mampu menghadirkan kendali otonom level dua demi memastikan truk dapat melaju dengan aman.

Head of Advanced Driver Assistance Systems & Brake Systems Trucks Mercedes Benz, Christoph Tresp berharap, produk yang mulai dipasarkan tahun depan ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah dalam keselamatan berkendara sekaligus berkontribusi besar untuk mengurangi faktor human error.

"Contoh terbaik dari sistem bantuan yang kami tawarkan adalah Active Sideguard Assist terbaru dengan fungsi pengereman otomatis saat berbelok dan Active Drive Assist 2 dengan fungsi Emergency-Stop yang bekerja saat pengemudi mengalami masalah kesehatan serius," kata Christoph Tresp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement