Kamis 24 Sep 2020 17:14 WIB

Dilema Sineas Merilis Film Saat Pandemi

Tak sedikit pembuat film berharap film mereka tidak dirilis di bioskop saat ini.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Film (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Film (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Merilis film di layar lebar tentu menjadi mimpi bagi banyak sutradara, produser, hingga para bintang film. Akan tetapi, perilisan film di bioskop di masa pandemi Covid-19 menjadi sebuah hal yang dilematis.

Tak sedikit pembuat film Hollywood yang berharap film mereka tidak dirilis di bioskop saat ini. Salah satu di antaranya adalah produser Jordan Peele yang memiliki pengaruh besar dalam menentukan tanggal perilisan film Candyman.

Peele memutuskan untuk menunda perilisan Candyman dari 23 Oktober 2020 menjadi tahun depan. Pengunduran ini dilakukan karena Peele merasa khawatir mengajak penonton berkumpul di dalam ruangan bioskop yang tertutup.

Tim Monkeypaw mengatakan para pembuat film Candyman sangat ingin film ini dirilis di bioskop. Pengalaman menonton komunal merupakan hal yang krusial untuk film ini. Namun, opsi tersebut tidak tersedia untuk semua orang saat ini karena adanya beragam keterbatasan. Inilah yang juga menjadi dasar diundurnya jadwal perilisan Candyman.

"Kami menunggu sampai tiba waktunya di mana semua penggemar horor bisa mendapatkan pengalaman menonton itu," ujar Monkeypaw seperti dilansir di Hollywood Reporter, Kamis (24/9).

Bukan hanya Peele yang mengkhawatirkan penonton bila harus menonton di bioskop, beragam pembuat film lain juga menunjukkan hal yang sama. Sutradara Justin Benson dan Aaron Moorhead bahkan melakukan tindakan cukup berani dengan meminta penggemar untuk tidak menonton film mereka, Synchronic, di dalam ruang tertutup.

Benson, Moorhead, dan produser David Lawson mengatakan aturan distribusi yang di luar kendali membuat perilisan Synchronic sudah ditetapkan menjadi 23 Oktober. Film ini dirilis di bioskop dalam ruangan serta bioskop drive-in.

"Buat kami, ini bukan hanya mengenai perasaan aman di dalam bioskop, tetapi juga tentang komunitas sains yang mengindikasikan bahwa ruang tertutup seperti bioskop yang masih menjadi risiko untuk penyebaran Covid-19 kepada orang lain," ujar ketiga pembuat film tersebut.

Melalui Instagram, para kru film Synchronic mengimbau para penggemar menonton film ini melalui bioskop drive-in atau melalui video-on-demand yang akan hadir dalam beberapa bulan ke depan. Bila penggemar tetap ingin menonton film tersebut di bioskop dalam ruangan, kru meminta penggemar untuk menaati aturan yang berlaku.

"Kami mencintai dan merindukan pengalaman (menonton) di bioskop, oleh karena itu, mari bekerja bersama untuk menghentikan penyebaran virus," tulis Moorhead dan Benson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement