Kamis 24 Sep 2020 13:26 WIB

Menteri PPPA: Hindari Pertemuan Keluarga Besar Tatap Muka

Acara pertemuan keluarga besar bisa dilakukan secara daring atau offline

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga (kanan)
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mengimbau masyarakat menghindari acara-acara keluarga besar yang dilakukan secara offline sehingga memunculkan kerumunan. Sebagai gantinya, acara pertemuan keluarga besar bisa dilakukan secara daring atau offline. Imbauan ini menyusul semakin tingginya temuan klaster penularan Covid-19 di level keluarga.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, menjelaskan bahwa pelaksanaan hajatan-hajatan yang berpotensi memunculkan keramaian lebih baik dilakukan secara daring. Menurutnya, perempuan sebagai manajer rumah tangga punya perang penting untuk melindungi keluarga dari penularan Covid-19.

"Kami sarankan di masa pandemi ini untuk mengurangi atau menghindari pertemuan-pertemuan kepada keluarga besar secara offline. Kalau seandainya ada hajatan. Salah satu contoh yang sederhana, seperti ulang tahun. Kami imbau, hindari secara offline, tapi bisa dilakukan secara daring," ujar Bintang dalam keterangan pers di kantor presiden, Kamis (24/9).

Tren penularan Covid-19 di Indonesia memang terus meningkat. Bahkan pada Rabu (23/9) kemarin, rekor penambahan kasus harian kembali terpecahkan dengan 4.465 kasus baru dalam satu hari. Pemerintah juga mencatatkan ada lebih dari 1.000 klaster penularan Covid-19 di Tanah Air, mulai dari klaster rumah sakit, perkantoran, komunitas, hingga keluarga.

Demi menekan risiko penularan di level keluarga, Bintang melanjutkan, setiap anggota keluarga harus punya kesadaran yang tinggi untuk saling melindungi. Salah satu perilaku yang harus dibiasakan adalah membersihkan badan setiap kali pulang dari bepergian atau aktivitas lain di luar rumah.

"Kenapa klaster keluarga meningkat, tidak menutup kemungkinan terpaparnya, ketika ayah atau ibu bekerja di luar rumah. Ini hal penting yang harus diperhatikan saat masuk rumah saya sarankan bersih-bersih badan, barulah berinteraksi dengan keluarga," kata Bintang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement