Ahad 25 Oct 2020 06:44 WIB

Terdengar Mirip, Ini Beda Osteophorosis dan Osteoarthritis

Osteophorosis dan Osteoarhritis sebenarnya keluhan tulang dan sendi saat beraktivitas

Foto: Republika
Terdengar Mirip, Ini Beda Penanganan Osteophorosis dan Osteoarthritis

REPUBLIKA.CO.ID, Meski terdengar mirip osteophorosis dan osteoarthritis adalah dua penyakit yang berbeda meski berasal dari keluhan yang sama. OsteoPhorosis (OP) dan osteoarthritis (OA) adalah keluhan pada tulang dan sendi manusia yang dirasakan atau terdeteksi pada saat bergerak ketika melakukan aktivitas. 

Perbedaan

- Osteophorosis disebut patah atau hancurnya tulang yang tak lain sebagai akibat pembentukan tulang baru. Proses pembentukan kembali lebih lambat daripada proses pembuangan jaringan lama sehingga tulang menjadi lemah dan mudah patah.

- Osteoarthritis adalah suatu jenis Peradangan (arthritis) yang terjadi ketika jaringan pada ujung ujung tulang (sendi) mengalami keausan atau pengapuran. Umumnya terjadi pada sendi lutut, sendi tangan dan sendi pinggul

Faktor Risiko

- Osteophorosis terjadi karena faktor penuaan, riwayat keluarga, kekurangan vitamin D dan kalsium. Selain itu juga karena mengonsumsi alkohol dan merokok.

- Osteoarthritis dapat terjadi karena kegemukan dan penuaan

Pencegahan dan Pengobatan

-Osteophorosis dan osteoarthritis dapat dilakukan melalui terapi tanpa obat, yaitu berolahraga, rutin melakukan gerakan seperti senam atau jalan santai sesuai jarak kemampuan. 

-Asupan nutrisi yang cukup, konsumsi susu pada usia dini, phsyoterapi, dan aktifitas memperkuat otot.

sumber: Republika.co.id pengolah: Ichsan Emrald Alamsyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement