Kamis 24 Sep 2020 08:03 WIB

Amerika Latin Teken Kesepakatan untuk Vaksin Covid-19

Meksiko, Argentina, Brasil, Chile, El Salvador, dan Kolombia uji coba vaksin berbeda

Red: Nur Aini
uji coba vaksin covid 19
uji coba vaksin covid 19

 

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Upaya global untuk memastikan bahwa semua negara memiliki akses ke vaksin Covid-19 terlepas dari status ekonomi mereka mulai bermunculan.

Baca Juga

Meksiko, Argentina, Brasil, Chile, El Salvador, dan Kolombia mengumumkan bahwa mereka dipilih oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melakukan uji coba klinis dengan tiga vaksin berbeda.

"WHO akan memilih tiga vaksin paling menjanjikan dan melakukan uji klinis di 20 negara, enam di antaranya di Amerika,” ungkap Menteri Kesehatan Kolombia Fernando Ruiz pada Selasa (22/9).

Menurut WHO, 156 negara berpenghasilan tinggi, menengah, dan rendah telah mendaftar ke Covax, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mendukung pengembangan dan akses ke dua miliar dosis vaksin Covid-19 sebelum akhir 2021. Brasil, Chili, dan Argentina juga telah mengumumkan bahwa mereka bergabung dengan aliansi global lainnya untuk membeli dan mendistribusikan vaksin Covid-19.

Sudah enam bulan berlalu sejak kasus pertama Covid-19 dilaporkan di Brasil, tetapi situasi di negara itu tak kunjung membaik. Oleh karena itu, setidaknya empat kandidat vaksin memilih untuk melaksanakan uji klinis di Brasil. Sejauh ini, Brasil mencatat 4.558.040 kasus Covid-19, termasuk 137.272 kematian.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/amerika-latin-teken-kesepakatan-untuk-vaksin-covid-19/1982533
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement