Kamis 24 Sep 2020 05:24 WIB

Indofood CBP Ekspansi Pabrik Baru di Luar Negeri

Indofood CBP mengekspansi pabrik baru melalui Pinehill yang baru diakuisisi.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) berencana untuk mengembangkan bisnis di pasar internasional. Perseroan akan mengekspansi pabrik baru di luar negeri melalui Pinehill Company Ltd yang baru saja diakusisi perseroan beberapa waktu lalu.
Foto: Reuters/Beawiharta
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) berencana untuk mengembangkan bisnis di pasar internasional. Perseroan akan mengekspansi pabrik baru di luar negeri melalui Pinehill Company Ltd yang baru saja diakusisi perseroan beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) berencana untuk mengembangkan bisnis di pasar internasional. Perseroan akan mengekspansi pabrik baru di luar negeri melalui Pinehill Company Ltd yang baru saja diakusisi perseroan beberapa waktu lalu. 

Direktur Indofood CBP Thomas Tjhie mengatakan pengembangan akan terus dilakukan melalui Pinehill yang beroperasi di luar Indonesia. "Negara mana saja, nanti akan diberitahukan lebih lanjut," kata Thomas dalam konferensi pers Paparan Publik Tahunan 2020, Rabu (23/9).

Perseroan sendiri baru saja menyelesaikan proses akuisisi Pinehill pada Agustus lalu. Sehingga kontribusi Pinehill terhadap kinerja pendapatan Indofood CBP memang belum begitu besar. Perseroan baru akan mengonsolidasi laporan keuangan Pinehill untuk periode September 2020 hingga Desember 2020.

Thomas mengakui pandemi Covid-19 tidak terlalu berdampak terhadap bisnis perseroan. Meski masih banyak toko yang tutup, penjualan produk Indofood CBP melalui e-commerce mengalami peningkatan. "Memang salesnya masih kecil tapi trennya naik terus," ungkap Thomas. 

Di sisi lain, Thomas menambahkan, penjualan ekspor juga mengalami kenaikan hingga 20 persen per Juni 2020. Sementara secara tahunan, penjualan ekspor meningkat dari 10 persen pada Juni tahun lalu menjadi 12 persen pada Juni tahun ini.  

Pada tahun ini, Indofood CBP memganggarkan belanja modal sebesar Rp 4,7 triliun untuk pengembangan bisnis yang bersumber dari kas internal. Dari jumlah tersebut, anggaran yang sudah terserap baru sebesar 16 persen.

Retno Wulandhari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement