Kamis 24 Sep 2020 02:43 WIB

Lebih dari 300 Paus Pilot Terdampar dan Mati di Australia

Sekitar 380 paus pilot bersirip panjang ditemukan terdampar di pantai barat Tasmania

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih
Sekitar 380 paus pilot bersirip panjang ditemukan terdampar di pantai barat Tasmania, Australia.
Foto: EPA
Sekitar 380 paus pilot bersirip panjang ditemukan terdampar di pantai barat Tasmania, Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, TASMANIA -- Sekitar 380 paus telah mati dalam apa yang diduga sebagai terdamparnya paus terbesar di Australia yang pernah tercatat. Sejak Senin (21/9), ratusan paus pilot bersirip panjang telah ditemukan terdampar di pantai barat Tasmania.

Tim penyelamat berhasil menyelamatkan 50 paus pada Rabu (23/9) malam, dan mereka berusaha membantu sekitar 30 paus yang tersisa, dilansir BBC. Pejabat pemerintah Tasmania mengatakan upaya penyelamatan akan terus berlanjut selama masih ada hewan hidup.

Baca Juga

"Saat mereka masih hidup dan berada di dalam air, masih ada harapan bagi mereka. Tapi seiring berjalannya waktu mereka menjadi lebih lelah," kata Nik Deka dari Departemen Industri Primer Tasmania.

Dia menambahkan, fokus sekarang juga akan bergeser untuk menghilangkan ratusan bangkai yang tersebar di sepanjang pantai. Sebuah rencana pembersihan masih dikerjakan. Di masa lalu, bangkai paus telah dikubur di pantai atau diseret ke laut lepas.

Paus-paus tersebut sebagian besar terdampar di pasir di perairan sekitar daerah yang disebut Macquarie Heads. Tim penyelamat pertama pada Senin menghitung sekitar 270 paus, tetapi sebuah helikopter pada Selasa melihat 200 paus mati di dekatnya.

Para pejabat mengatakan kelompok kedua mungkin telah terdampar bersama air pasang, tetapi diyakini sebagai bagian dari kelompok yang sama. Sebuah tim yang terdiri dari sekitar 60 orang telah menggunakan gendongan dan peralatan lain untuk membantu menarik paus dari tepian pasir sehingga mereka benar-benar tenggelam dalam air.

Setelah paus 'terapung kembali', mereka dipandu kembali ke perairan yang lebih dalam. Tim penyelamat mengatakan mereka telah mengawal 50 paus kembali ke laut, yang mereka anggap berhasil. Upaya penyelamatan terhambat oleh gelombang besar yang membawa beberapa paus yang dibebaskan kembali ke pantai.

Pakar paus mengatakan hewan yang masih hidup akan kelelahan dan lemah.  Paus pilot dapat tumbuh hingga tujuh meter panjangnya dan beratnya mencapai tiga ton.

"Tanpa daya apung air, paus juga akan perlahan-lahan dihancurkan oleh berat tubuh mereka," kata Profesor Peter Harrison dari Kelompok Penelitian Paus di Southern Cross University.

Tidak sepenuhnya dipahami mengapa paus menjadi terdampar. Spesies ini dikenal rentan terdampar. Terdamparnya paus, salah satu yang terbesar yang pernah tercatat secara global, melampaui rekor nasional sebelumnya sebesar 320 yang dibuat di Australia Barat pada tahun 1996.

Para ilmuwan mengatakan alasannya sering kali tidak diketahui. Namun mereka memiliki sejumlah teori, termasuk paus yang dibujuk oleh ikan ke pantai dan menjadi disorientasi.

Paus pilot khususnya dikenal terdampar dalam kelompok karena mereka melakukan perjalanan dalam komunitas besar dan erat yang bergantung pada komunikasi yang konstan. Para peneliti mengatakan ada kemungkinan bahwa satu individu pemimpin keliru memimpin seluruh kelompok ke pantai.

Diperkirakan kelompok seperti itu juga rentan di sekitar pantai yang secara perlahan menuruni area yang luas, karena denyut sonar mereka dapat gagal mendeteksi garis pantai di perairan dangkal.

Lebih dari 80 persen paus Australia terdampar di Tasmania dan para ahli mengatakan Macquarie Heads adalah tempat yang terkenal. Pendamparan paus terbesar Tasmania sebelumnya terjadi pada 1935 dengan 294 paus pilot.  Pendamparan massal terakhirnya terjadi pada 2009 dan melibatkan sekitar 200 paus pilot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement