Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Bencana Pohon Tumbang Landa Sejumlah Lokasi di Kota Sukabumi

Rabu 23 Sep 2020 19:25 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memimpin langsung evakuasi pohon tumbang di Jalan Kenari, Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Rabu (23/9) sore.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memimpin langsung evakuasi pohon tumbang di Jalan Kenari, Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Rabu (23/9) sore.

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Laporan sementara ada enam titik bencana mulai dari pagar jebol akibat pohon tumbang

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Bencana pohon tumbang melanda sejumlah lokasi di Kota Sukabumi, Rabu (23/9) sore. Peristiwa ini terjadi setelah wilayah Kota Sukabumi dilanda hujan deras yang disertai angin kencang.

Beberapa saat setelah kejadian, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi langsung memantau sejumlah bencana pohon tumbang di beberapa wilayah Kota Sukabumi, Rabu (23/9) sore. Bahkan Wali Kota Sukabumi ikut langsung mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Kenari, Kecamatan Cikole.

Selain Jalan Kenari, Wali Kota juga memantau titik di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, halaman Kantor Badan Pengelolan Keuangan Daerah (BPKD), dan Jalan R Syamsudin depan kampus UMMI. Seperti diketahui bencana ini terjadi setelah wilayah Kota Sukabumi diguyur hujan deras yang disertai angin kencang pada Rabu sore.

"Pada saat hujan deras, saya langsung minta lurah dan camat serta BPBD bersiap siaga," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Upaya tersebut untuk mengantisipasi hal yang terburuk.

Hasilnya ketika terjadi laporan bencana petugas langsung bergerak cepat dan sigap ke sejumlah lokasi kejadian. Sehingga pohon tumbang di beberapa titik langsung tertangani dan tidak dilaporkan warga yang menjadi korban jiwa.

Wali kota mengatakan, dari laporan sementara ada enam titik bencana mulai dari pagar jebol akibat pohon tumbang dan menutup jalan. Di mana petugas BPBD dan terkait telah dikerahkan untuk penanganan bencana."Tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini, maka warga Kota Sukabumi harus siaga menghadapi bencana," kata Fahmi. Aparat mulai tingkat lurah dan camat serta BPBD harus siaga menghadapi potensi bencana di musim penghujan.

Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani menambahkan, petugas telah dikerahkan sejumlah titik bencana pohon tumbang. "Semua bergerak setelah kejadian dan langsung evakuasi pohon tumbang," kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA