Rabu 23 Sep 2020 19:08 WIB

Yahudi di Iran, Minoritas yang Dilindungi Republik Islam 

Yahudi merupakan entitas minoritas yang mendapat perlindungan di Iran.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Yahudi merupakan entitas minoritas yang mendapat perlindungan di Iran. Bendera Iran
Foto: Tehran Times
Yahudi merupakan entitas minoritas yang mendapat perlindungan di Iran. Bendera Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Hari itu, adalah Jumat malam dan persiapan keluarga Yahudi untuk Sabat, hari paling suci dalam sepekan berjalan lancar.

Di ruang tamu, semua orang berkumpul di sekitar meja besar untuk perayaan tradisional saat aroma menggiurkan dari makanan panas mengalir dari dapur, termasuk bagi keluarga Musazadeh Yahudi di Teheran, Iran.  

Baca Juga

Jurnalis Qantara, Jan Schneider mengunjungi keluarga Musazadeh Yahudi di Teheran untuk berbagi dalam perayaan Sabat mereka.  

Putra bungsu memecahkan roti tawar, lalu membaca Tanakh saat sang ayah menuangkan segelas anggur merah yang wajib untuk dibagikan di sekitar meja.

Meskipun mungkin terlihat sangat mirip dengan pemandangan biasa yang dapat ditemukan di ribuan rumah tangga di seluruh Israel setiap akhir pekan, ada satu perbedaan penting di sini, yang ini terjadi di Iran.

Sinar matahari musim dingin terakhir baru saja menghilang dari pandangan di balik pegunungan Alborz pada hari yang dingin pada Januari di Teheran. Ini adalah hari terakhir dalam sepekan, yang di Iran dimulai pada hari Sabtu. Tidak ada bangunan besar dan tentu saja tidak ada yang bersifat religius, di kota ini ada sejumlah besar kios dan supermarket kecil.

Jan Schneider yang menulis artikel ini dan diterbitkan Qantara De mengatakan, tidak ada keraguan bahwa banyak hal telah berubah sejak revolusi. Sebelum 1979 ada sepuluh kali lebih banyak orang Yahudi yang tinggal di Iran daripada sekarang. 

Terlepas dari hubungan Iran yang bermasalah dengan Israel, bagaimanapun politisi Iran dan ulama selalu bersusah payah untuk menekankan bahwa mereka tidak memiliki perselisihan dengan orang Yahudi, hanya dengan negara Israel.

Seperti yang dikatakan Ayatollah Khomeini tak lama setelah revolusi. "Kami mengakui orang Yahudi kami terpisah dari Zionis yang tidak bertuhan," kata Ayatollah.

Ini adalah kutipan yang masih dapat ditemukan hari ini di setiap rumah doa Yahudi. Sesuatu yang telah diinternalisasi orang Iran, tidak peduli agama mana mereka berasal.

Berbeda dengan situasi di negara-negara berbahasa Jerman, institusi Yahudi di Iran tidak memerlukan pengaturan keamanan apapun. Iran belum pernah melihat satu pun serangan terhadap sebuah bangunan Yahudi.

Iran adalah rumah bagi komunitas Yahudi terbesar di dunia Muslim. Setelah beberapa gelombang besar emigrasi, jumlah orang Yahudi yang tinggal di negara itu kini menjadi stabil. Menurut statistik Israel, hanya 1.100 orang Yahudi yang bermigrasi ke Israel dari Iran antara 2002 dan 2010. Bagi mereka yang tetap tinggal, prospeknya sangat positif.

Mereka telah diberikan status minoritas resmi, kursi permanen di parlemen dan kebebasan untuk menjalankan agama mereka. Mereka memiliki toko jagal sendiri, rabi mereka diizinkan untuk mengadakan pernikahan, dan komunitas dapat memproduksi dan meminum anggurnya sendiri untuk Sabat, meskipun alkohol dilarang keras di Iran. "Kami mencintai Iran dan kami dapat hidup dalam kebebasan di sini," kata Eliyan, putri tertua keluarga Musazedeh.

Wanita berusia 24 tahun itu tinggal bersama keluarganya di dekat pusat Teheran, satu-satunya keluarga Yahudi di blok apartemen itu. "Tetangga kami tahu kami adalah orang Yahudi, tapi itu bukan masalah. Masyarakat di sini pada umumnya tidak mempermasalahkan kami sebagai orang Yahudi," ujarnya.

Meskipun orang Yahudi di Iran tidak diizinkan untuk memegang posisi terdepan di institusi negara seperti tentara, polisi atau dinas rahasia, kehidupan mereka sebaliknya bebas dari batasan seperti orang Iran lainnya.

Sebuah tugu peringatan didirikan untuk para martir Yahudi dari perang Iran-Irak oleh Presiden Rouhani, dan selama beberapa tahun sekarang, orang-orang Yahudi memiliki hak untuk mengambil libur Sabat (Sabtu).

"Ada beberapa kesempatan di masa lalu ketika saya mencari pekerjaan dan tidak mendapatkan pekerjaan itu setelah mengatakan dalam wawancara bahwa saya adalah seorang Yahudi, saya Eliyan. Itu bukan karena mereka tidak ingin mempekerjakan seorang Yahudi, melainkan karena mereka tahu bahwa mereka secara hukum wajib memberi saya libur hari Sabtu jika saya menginginkannya," katanya.

Jadi jika seorang Yahudi di Iran tidak mendapatkan pekerjaan, itu bukan karena agama mereka, itu karena hukum ada di pihak mereka dan majikan diwajibkan memberi mereka satu hari libur total  per pekan jika mereka menginginkannya. Tidak ada anti-Semitisme di Iran. Iran adalah negara multi-etnis dan sangat beragam dan Iran bangga dengan keragaman dan sejarah itu.

Sebagai putri tertua, tekanan kini ada di dirinya untuk mulai memikirkan calon pasangan hidup. "Ayah saya selalu berusaha mencari calon potensial dari keluarga yang kami kenal, tapi saya menolak semuanya. Mereka semua kaya, tapi terlalu gemuk, terlalu tua, atau keduanya," kata Eliyan.

Dilema Eliyan diperparah fakta bahwa, sebagai putri tertua, dia harus menikah duluan. Hanya dengan begitu kedua saudara perempuannya Nazanin dan Yasaman akan diizinkan berkencan dengan pria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement