Rabu 23 Sep 2020 17:38 WIB

Album Marvin Gaye Jadi yang Terbaik Sepanjang Masa

'What's Going On' Marvin Gaye jadi yang terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
'What's Going On' Marvin Gaye jadi yang terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone (Foto: Marvin Gaye)
Foto: Flickr
'What's Going On' Marvin Gaye jadi yang terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone (Foto: Marvin Gaye)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rolling Stone memperbarui daftar 500 album terbaik sepanjang masa dari para musisi dunia. Seperti yang diketahui, daftar album terbaik ini pertama kali ke luar pada 2003 silam.

Dirilisnya daftar panjang album terbaik di dunia versi Rolling Stone ini awalnya memunculkan perdebatan. Namun, sejak saat itu, daftar album terbaik Rolling Stone menjadi salah satu yang dinanti di dunia. Dalam pembuatan daftarnya, Rolling Stone membuat tabulasi daftar 50 album teratas dari 300 artis, produser, kritikus, dan tokoh industri musik.

Baca Juga

Melansir foxnews, Rabu (23/9), berada di peringkat lima, adalah The Beatles dengan albumnya Abbey Road. Rolling Stone menceritakan bahwa album itu direkam saat The Beatles diambang perpisahan. Album itu berisi beberapa lagu The Beatles paling ikonik seperti, "Here Comes the Sun", "Come Together", dan "Something."

Album Songs in The Key of Love oleh Stevie Wonder, berada di peringkat empat dalam daftar terbaru tersebut. Album itu adalah salah satu album ikonik Stevie Wonder yang paling dikenal dan dipuji. Album ini berisi beberapa lagu terkenal seperti "Isn't She Lovely," "As", dan "I Wish".

Peringkat tiga adalah Blue milik Joni Mitchell, yang menurut Rolling Stone sebagai album perpisahan Mitchell. Album tersebut dikenal dengan romantisme dan seksualitasnya, berisi lagu-lagu seperti "California", "Carey", dan hits terbesarnya "River".

Kemudian Pet Sounds dari The Beach Boys mendapat peringkat kedua. Lagu seperti "Wouldn't It Be Nice" dan "God Only Knows" termasuk di antara rekor lagu yang paling menonjol.

“Album ini mengantarkan identitas perkembangan baru untuk musik rock & roll,” kata Rolling Stone.

Marvin Gaye mengambil posisi teratas dalam daftar terbaru album terbaik sepanjang masa ini, dengan albumnya What's Going On. Rolling Stone menceritakan awal album ini yang dimulai sebagai reaksi terhadap kebrutalan polisi.

Melihat dari judul lagu yang ditulis oleh penyanyi Four Tops, Renaldo "Obie" Benson, setelah dia menyaksikan liputan ketika polisi membubarkan aksi protes massa.

Pendiri Motown, Berry Gordy sempat ragu-ragu untuk merilis lagu tersebut. Tetapi begitu dia yakin merilisnya, lagu itu menjadi hits dan Gaye diminta untuk menyelesaikan album itu. Lagu populer lainnya yang ada dalam album itu adalah "Mercy Mercy Me (The Ecology)" dan "Inner City Blues (Make Me Wanna Holler)".

Pada 2003 dan 2012, lima daftar album teratas diisi oleh Rubber Soul dari The Beatles, Highway 61 Revisited karya Bob Dylan, Revolver juga dari The Beatles, Pet Sounds oleh The Beach Boys, dan Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band yang juga album The Beatles menempati posisi nomor satu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement