Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Performa Apik Fabinho Jadi Sinyal Buat Klopp

Rabu 23 Sep 2020 16:06 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pemain Liverpool asal Brasil, Fabinho.

Pemain Liverpool asal Brasil, Fabinho.

Foto: EPA-EFE/Phil Noble
Fabinho dinilai mampu melakoni perannya sebagai bek tengah dengan apik.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Performa Fabinho kala Liverpool membungkam Chelsea, 2-0, pada pekan kedua Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu, menuai banyak pujian. Pasalnya, meski ditempatkan bukan di posisi aslinya, tapi pemain asal Brasil itu dinilai mampu melakoni perannya sebagai bek tengah dengan cukup apik.

Dalam laga yang digelar di Stadion Stamford Bridge itu, Fabinho ditempatkan sebagai bek tengah. Pemain yang berposisi asli sebagai gelandang bertahan itu, diduetkan dengan Virgil van Dijk di jantung pertahanan the Reds. Pemain berusia 26 tahun itu dianggap mampu meredam kecepatan dan pergerakan penyerang anyar the Blues, Timo Werner.

Pujian terhadap performa Fabinho pun datang dari mantan penyerang Liverpool, John Albridge. Striker Liverpool di era 1980-an tersebut menilai, dengan performa apik Fabinho di laga kontra Chelsea, the Reds rasanya tidak perlu mendatangkan bek tengah anyar pada bursa transfer musim panas kali ini.

''Sebelum laga tersebut, saya selalu menyatakan, hasil di laga ini akan menunjukkan apakah Liverpool membutuhkan bek tengah anyar atau tidak. Namun, penampilan Fabinho di laga itu sudah menjawab dan menjadi solusi atas pertanyaan tersebut,'' tulis Albridge dalam ulasannya di Liverpool Echo, Selasa (22/9).

Albridge menyebut, Joe Gomez dan Joel Matip mungkin masih akan memainkan peranan penting dalam perjalanan Liverpool pada musim ini. Namun, dengan kemampuan Fabinho melakoni tugasnya sebagai bek tengah, pelatih Liverpool, Juergen Klopp, kini memiliki opsi yang lebih banyak terkait pemilihan pemain di jantung pertahanan.

''Kini, Klopp memiliki opsi yang cukup bagus di lini belakang. Fabinho bisa menjadi pilihan keempat di posisi bek tengah. Karena itu, saya melihat, Liverpool tidak perlu lagi berburu bek tengah anyar di bursa transfer pemain,'' lanjut Albridge.

Mantan penyerang timnas Irlandia itu pun menilai, dari segi kemampuan, Fabinho sudah cukup mumpuni untuk bisa tampil sebagai bek tengah. Kemampuan ini dibuktikan mantan pemain AS Monaco itu saat meredam pergerakan Werner.

Kendati begitu, Albridge menyebut, Klopp memiliki tantangan tersendiri saat menurunkan Fabinho bukan di posisi aslinya. ''Menghadapi penyerang berkualitas seperti Werner, Fabinho mampu tampil gemilang. Itu dapat menjadi sinyal yang cukup kuat buat Klopp. Sepanjang Fabinho senang melakoni tugas barunya tersebut, saya rasa tidak akan ada masalah berarti,'' tulis Albridge.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA