Rabu 23 Sep 2020 09:09 WIB

Hamas dan Fatah Bertemu di Turki Bicarakan Rekonsiliasi

Pertemuan Hamas dan Fatah dilakukan setelah UEA dan Bahrain berhubungan dengan Israel

Red: Nur Aini
Rekonsiliasi Hamas-Fatah Palestina
Rekonsiliasi Hamas-Fatah Palestina

 

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Perwakilan dari kelompok Palestina yang bersaing, Hamas dan Fatah akan bertemu di Turki untuk membicarakan percepatan rekonsiliasi intra-Palestina.

Baca Juga

Tokoh utama Hamas Khalil Al-Hayya mengatakan pembicaraan itu bertujuan untuk melaksanakan resolusi pertemuan sebelumnya antara sekretaris jenderal dari dua faksi yang berlangsung di Ramallah dan Beirut awal bulan ini.

"Hamas ingin mencapai rekonsiliasi nasional dengan harapan mencapai strategi nasional yang komprehensif untuk menghadapi tantangan dan serangan yang menargetkan perjuangan Palestina," kata Al-Hayya dalam sebuah pernyataan.

Dalam pertemuan pada 3 September, Hamas dan Fatah menyepakati sejumlah kesepakatan, termasuk memulihkan keretakan mereka dan menegakkan prinsip pemindahan kekuasaan secara damai melalui pemilu berdasarkan perwakilan yang proporsional.

Jubir Fatah Mounir Al-Jaghoub sebelumnya mengatakan bahwa delegasi kelompoknya akan bertemu dengan perwakilan Hamas untuk membahas pengakhiran perpecahan di Palestina dan penerapan hasil pertemuan pada 3 September lalu.

Pada Senin, Presiden Palestina Mahmoud Abbas melakukan percakapan via telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di mana dia meminta bantuan dari Erdogan untuk pembicaraan yang sedang berlangsung untuk menyembuhkan keretakan intra-Palestina, ungkap kantor berita resmi Palestina Wafa.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/hamas-dan-fatah-bertemu-di-turki-bicarakan-rekonsiliasi/1982464
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement