Rabu 23 Sep 2020 08:44 WIB

Viral di TikTok, Video Burger McD tak Busuk Setelah 24 Tahun

McD telah memberikan tanggapan soal video viral soal burgernya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Burger McDonalds. Video di TikTok menjadi viral setelah mengeklaim burger McDonalds yang disimpan selama 24 tahun tak membusuk.
Foto: Flickr
Burger McDonalds. Video di TikTok menjadi viral setelah mengeklaim burger McDonalds yang disimpan selama 24 tahun tak membusuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rumor yang menyebut bahwa burger McDonald’s tidak pernah membusuk dan hampir tidak bisa terurai telah lama beredar. Pekan lalu, video TikTok viral karena memperlihatkan kotak berisi burger McDonald’s yang diklaim telah berusia 24 tahun, namun tidak membusuk.

Video itu diunggah oleh pengguna dengan username @aly.sherb. Video TikTok yang telah disukai lebih dari 518 ribu pengguna itu memperlihatkan, seorang perempuan yang membuka kotak sepatu berlabel “hamburger”. Dia kemudian memberitahu pengguna lain bahwa kotak hamburger itu telah ada di lemari nya selama lebih dari dua dekade.

Baca Juga

“Jadi, Anda ingin melihat hamburger saya? Burgernya disimpan di dalam kotak di lemari saya,” kata wanita itu sambil memamerkan kemasan yang mengiklankan balapan NASCAR dari tahun 1996.

@aly.sherb

Make this go viral, y’all ##grandparentsoftiktok ##mcdonalds ##fyp ##decadechallenge ##foryou ##happymeal

♬ original sound - aly.sherb

"Hamburger ini, rotinya tidak berubah bentuk, dagingnya tidak pernah membusuk, bahkan tidak pernah pecah, itu benar-benar utuh," kata wanita itu sambil memamerkan roti dan patty-nya. "Tapi saya tidak yakin apa yang akan terjadi jika kamu memakannya," kata dia.

Sebelumnya, dia juga mengeluarkan sebungkus kentang goreng yang kondisinya masih cukup oke setelah lebih dari dua dekade.

"Kentang gorengnya terlihat seperti jatuh di bawah kursi Anda sebulan yang lalu, dan ya tidak pernah busuk," kata wanita itu.

Atas viralnya video tersebut, restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS) itu memberikan klarifikasi. McDonald’s mengeluarkan pernyataan di situs webnya yang menyatakan bahwa burgernya dibuat dari bahan-bahan asli dan bisa menjadi basi bahkan membusuk seiring waktu.

"Di lingkungan yang tepat, burger kami, seperti kebanyakan makanan lain bisa membusuk. Tapi untuk membusuk, Anda membutuhkan kondisi tertentu, misalnya kelembapan. Tanpa kelembaban yang cukup, bakteri dan jamur mungkin tidak tumbuh dan karenanya pembusukan tidak mungkin terjadi,” demikian pernyataan McDonald’s seperti dikutip dari laman Today.

Pihak McDonald’s juga menambahkan bahwa makanan tidak mungkin memunculkan jamur atau bakteri jika disimpan di tempat atau kondisi yang kering. Begitupun dengan burger, jika disimpan di kondisi yang relatif kering, meski sudah disimpan 24 tahun ia akan tampak seperti baru.

"Makanan yang disiapkan di rumah yang dibiarkan kering hasilnya juga akan sama. Perhatikan baik-baik, burger yang Anda lihat kemungkinan besar mengering dan mengalami dehidrasi, dan kondisinya tidak lagi sama dengan hari pembeliannya," kata perusahaan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement