Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

2 Rumah Warga di Desa Cipayung Girang Ambruk Pasca Longsor

Selasa 22 Sep 2020 23:21 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Warga berada di dekat rumah yang terancam ambruk akibat abrasi sungai  (ilustrasi)

Warga berada di dekat rumah yang terancam ambruk akibat abrasi sungai (ilustrasi)

Foto: ANTARA/BASRI MARZUKI
Hujan deras dan angin kencang menjadi penanda rezeki hari ini lancar.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dua rumah warga di Kampung Cipayung RT 04/ RW 04, Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung ambruk akibat tanah longsor. Hujan deras dan angin kencang yang melanda Kabupaten Bogor dan sekitarnya menjadi pemicu longsornya tanah.

Salah seorang pemilik rumah yang terdampak, Yusdani mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 15.45 WIB disertai suara gemuruh tanah. "Sebelumnya ada suara tanah bergeser, karena khawatir kenapa-kenapa jadi kami sekeluarga keluar rumah," kata Yusdani, Selasa (22/9).

Baca Juga

Tak lama setelah Yusdani dan warga lain keluar dari rumah, longsor pun terjadi. Tanah di atas rumah menimpa rumahnya dan rumah warga lain bernama Adi Syahputra hingga hancur. Meski belum diketahui berapa kerugian yang dideritanya, beruntung tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut.

Karena rumahnya sudah tidak bisa ditinggali, Yusdani dan keluarganya akan mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

Ketua RW 04, Jack menjelaskan, sebanyak 13 rumah terdampak longsor tersebut. Dua di antaranya mengalami rusak berat, sementara 11 lainnya mengalami rusak ringan. Dia juga menyarankan warga mengungsi sementara di rumah kerabat terdekat, atau di rumahnya yang lain. "Ada rumah saya yang kosong bisa diisi sementara sambil menunggu bantuan dari pemerintah," ujarnya.

Dalam pantauan Republika.co.id, kondisi rumah dua warga yang mengalami rusak berat sudah tak berbentuk. Atap rumah tampak ambles, dan bagian dalam rumah serta perabotannya sudah tertimbun tanah dan puing. 

Sementara, kondisi beberapa rumah yang berada sederetan juga mengalami retak di beberapa titik. Sebab posisi rumah yang terletak di gang kecil tersebut memang berdempetan satu sama lain. Akibat longsor tersebut, akses jalan warga juga terhalang oleh puing bangunan yang rubuh ke arah jalan.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA