Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Pemerintah Jamin Biaya Perawatan Pasien Covid di RS Rujukan

Selasa 22 Sep 2020 18:38 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andri Saubani

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito.

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
"Biaya pasien Covid-19 di RS rujukan, semuanya ditanggung pemerintah," kata Wiku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah memastikan untuk menanggung seluruh biaya perawatan dan pengobatan bagi pasien positif Covid-19 di rumah sakit rujukan. Hal ini juga berlaku untuk perawatan pasien Covid-19 di RS darurat seperti di Wisma Atlet dan fasilitas isolasi mandiri yang disediakan pemerintah.

"Seluruh biaya pasien Covid-19 di RS rujukan, semuanya ditanggung pemerintah," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers di kantor presiden, Selasa (22/9).

Penggratisan biaya perawatan dan obat-obatan bagi pasien Covid-19 di RS rujukan tersebut berlaku untuk seluruh masyarakat, baik yang memiliki BPJS Kesehatan atau tidak. Bahkan, ujar Wiku, warga negara asing (WNA) yang sedang berada di Indonesia dan tertular Covid-19 di Indonesia pun akan mendapat perlakuan yang sama.

"Kami perlu sampaikan bahwa untuk perusahaan tak perlu khawatir apabila ada karyawan atau buruh yang dites hasilnya positif. Pemerintah akan menanggung biaya perawatan pasien Covid-19," kata Wiku.

Wiku pun meminta perusahaan ikut menggencarkan tracing dan testing bagi karyawan, serta memastikan tidak ada penularan Covid-19 di lingkungan kerja. Satgas juga meminta perusahaan menanggung biaya testing bagi karyawan dan ikut mendukung tracing atau pelacakan terhadap siapun yang sempat kontak dengan pasien positif Covid-19.

"Dan melaporkannya kepada pemerintah daerah masing-masing (terkait tracing)," kata Wiku.

photo
Tiga cara penularan Covid-19. - (Republika)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA