Selasa 22 Sep 2020 15:16 WIB

Kemenko PMK dan FoZ Kembangkan Sinergi Amil Zakat di Sumut

Prinsip adil dan berimbang telah menjadi bagian dari nafas gerak LAZ di Indonesia.

Kementerian Koordinator (Kemenko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) melakukan silaturahim ke Forum Zakat (FoZ) Sumatera Utara, bertempat diSekretariat Lembaga ACT, Medan, Senin (21/9).
Foto: Dok BMH
Kementerian Koordinator (Kemenko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) melakukan silaturahim ke Forum Zakat (FoZ) Sumatera Utara, bertempat diSekretariat Lembaga ACT, Medan, Senin (21/9).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Amil merupakan motor penggiat zakat. Amil berperan penting dalam pengelolaan ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf)  sehingga dana titipan umat tersebut terpakai dengan maksimal. Dengan silaturrahim akan menguatkan amil-amil di seluruh Indonesia. 

Pada hari Senin (21/9), Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) melakukan silaturahim ke Forum Zakat (FoZ) Sumatera Utara di Medan. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Nur Fajriah Siregar  Sag  selaku kepala Bidang Pemberdayaan Umat Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI.

Kegiatan tersebut berisi tentang rencana kolaborasi antara FoZ dan Kemenko PMK. Karena itu, kesempatan itu dimaksimalkan oleh Kemenko PMK menjaring masukan dan hal hal urgen berkaitan dengan praktik moderasi beragama yang telah di lakukan oleh lembaga pengelola zakat dibawah naungan FoZ Sumut.

Acara juga dihadiri secara virtual oleh Prof Amelia Fauziah PhD, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah. "Menjalani washatiyah dalam beragama adalah indikator penting dalam beragama. Dan prinsip dalam moderasi beragama adalah adil  dan berimbang" ungkap Prof. Amelia Fauziah seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

photo
Kemenko PMK berencana untuk berkolaborasi dengan Forum Zakat (FoZ) Sumatera Utara.  (Dok BMH)

Ditambahkan oleh General Manager BMH Sumatera Utara, Lukman A Muthalib, bahwa  kerja pengelolaan dan pendistribusian ZIS (Zakat, Infak, Sedekah)  yang telah dilakukan senantiasa memperhatikan aspek keseimbangan dan dalam melakukan kerja sama juga memperhatikan aspek kesetaraan. “Sehingga,  prinsip adil dan berimbang telah menjadi bagian dari nafas gerak BMH dan lembaga zakat lainnya di Indonesia, khususnya di Sumut,” terang Lukman A. Mutthalib

Silaturahim tersebut diadakan di Sekretariat Lembaga Aksi Cepat Tanggap Sumut. Acara berlangsung dengan khidmat yang dipandu oleh Ketua FoZ Sumut, Munawwar, Direktur Eksekutif FOZ Nasional, Budi Agus dan diikuti pimpinan 21 Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Sosial Kemanusiaan di Sumatera Utara dengan tetap mematuhi Protokol Pencegahan Covid 19.

“Diharapkan kegiatan tersebut mendapat berkah dan ridha Allah SWT, dan ikatan silaturrahim antar lembaga semakin erat,” kata Lukman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement