Senin 21 Sep 2020 23:22 WIB

Unsur Maritim Bantu Warga Lombok Barat Terdampak Covid-19

200 paket sembako kepada warga dilakukan secara simbolis.

Unsur Maritim Bantu Warga Lombok Barat Terdampak Covid-19 (ilustrasi)
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Unsur Maritim Bantu Warga Lombok Barat Terdampak Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM -- Sebanyak 14 unsur maritim yang berada di area Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, membagikan bantuan paket sembako kepada ratusan warga kurang mampu terdampak pandemi Covid-19.

Penyerahan sebanyak 200 paket sembako kepada warga dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Lembar, M Junaidin, bersama General Manager Pelindo III Cabang Lembar, Baharuddin, di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Senin (21/9).

"Pembagian sembako tersebut merupakan rangkaian Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2020. Kegiatan kali ini merupakan yang kedua kali, sebelumnya dilakukan pada Mei lalu," kata Kepala Kantor KSOP Lembar, M Junaidin.

Menurut dia, pemberian bantuan paket yang berisi beberapa jenis kebutuhan pokok tersebut sebagai wujud kepedulian dan kekompakan unsur maritim yang ada di area Pelabuhan Lembar. Sebab, jumlah warga di sekitar Pelabuhan Lembar banyak yang terdampak akibat berkurangnya jumlah penumpang kapal dan aktivitas ekonomi lainnya sejak pandemi Covid-19.

Junaidin menambahkan, kepedulian terhadap warga kurang mampu terdampak pandemi akan terus dilakukan. Namun tentu juga memperhatikan tingkat kemampuan unsur maritim yang juga terdampak bencana non-alam tersebut. "Tentu kami tetap memikirkan keberlanjutan kegiatan sosial tersebut. Dan pada prinsipnya, meskipun kita susah, namun masih ada yang lebih susah, sehingga perlu mendapatkan perhatian," ujarnya.

Nursimah, salah seorang tokoh agama yang tinggal di sekitar Pelabuhan Lembar, sangat mengapresiasi kepedulian unsur maritim kepada warga kurang mampu yang mengalami kesulitan hidup sejak pandemi Covid-19.

"Kami sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan dan semoga bermanfaat. Mudahan semua angota maritim di Pelabuhan Lembar di berikan keamanan, kenyamanan dan kesehatan," tuturnya.

Selain memberikan bantuan paket sembako, KSOP Lembar juga menyerahkan pas kecil untuk 74 kapal nelayan yang beroperasi di sekitar Pelabuhan Lembar. Surat tanda kebangsaan kapal yang diperuntukan bagi kapal-kapal dengan tonase kurang dari 7 gross tonnage tersebut diberikan secara gratis.

Adapun unsur maritim yang memberikan bantuan paket sembako adalah KSOP Lembar, Pelindo III Cabang Lembar, Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) Lembar, Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia, dan ASDP Cabang Lembar. Selain itu, PT Atosim Lampung Pelayaran, PT Damai Lautan Nusantara, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), KP3 Lembar, ALP, dan National Shipowners Association Indonesia, serta unsur koperasi.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement