Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Rabi Amerika Serikat: Ikatan Muslim-Yahudi Teladan Dunia

Senin 21 Sep 2020 22:53 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Rabi Yahudi menilai hubungan baik Yahudi dan Muslim inspirasi dunia.  Islam-Yahudi/ilustrasi

Rabi Yahudi menilai hubungan baik Yahudi dan Muslim inspirasi dunia. Islam-Yahudi/ilustrasi

Foto: news.yourolivebranch.org
Rabi Yahudi menilai hubungan baik Yahudi dan Muslim inspirasi dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Rabi asal Amerika Serikat sekaligus Presiden Foundation for Ethnic Understanding Marc Schneier mengatakan, Muslim dan Yahudi di Teluk dapat memberikan teladan yang menginspirasi bagi saudara-saudara di seluruh dunia.

"Memang, orang Yahudi di Teluk memiliki peran unik, Menjadi duta besar dari rakyat kami untuk dunia Muslim yang lebih luas. Mereka harus berusaha untuk menjangkau saudara-saudari Muslim mereka dan membangun hubungan komunikasi dan kerjasama yang langgeng. Bersama-sama, Muslim dan Yahudi di Teluk dapat memberikan teladan yang menginspirasi bagi saudara-saudara kita di seluruh dunia," kata dia dilansir dari laman Eurasia Review, pada Senin (21/9).

Schneier melanjutkan, hal ini menunjukkan kepada mereka bahwa komunitas antaragama benar-benar dapat hidup bersama dalam persahabatan dan kepercayaan. Dia mengajak untuk mencapai ini bersama-sama dalam semangat Rosh Hashanah ( Tahun Baru Yahudi),  dan dalam Muharram, Tahun Baru Islam yang baru-baru ini dijalankan.

Baca Juga

"Selama musim refleksi dan pertobatan ini, para rabi memuji kemampuan manusia untuk membuang cara berpikir usang dan secara mendasar mengubah tindakan mereka menjadi lebih baik. Dalam konteks itu, mari kita renungkan banyak perubahan positif yang telah kita saksikan di Teluk selama 12 bulan terakhir," kata dia. 

"Coba pikirkan tentang hal-hal luar biasa yang dapat dicapai umat Muslim dan Yahudi bersama di tahun-tahun mendatang, seperti mengatasi penyakit virus corona dan penyakit serius lainnya di Timur Tengah dan sekitarnya, atau menerapkan teknik irigasi canggih untuk menghijaukan gurun dan meningkatkannya produksi pangan untuk kepentingan seluruh umat manusia. Kemungkinannya tidak terbatas," lanjut dia.

Di samping itu, dia mengaku menghargai bagaimana media Arab News mendobrak tabu dengan menerbitkan artikel dari para pemimpin Yahudi. Secara pribadi, dia merasa terhormat diminta untuk menulis opini editorial, yang diterbitkan di halaman depan surat kabar sehari setelah pengumuman normalisasi Uni Emirat Arab (UEA)-Israel.

Sumber:  https://www.eurasiareview.com/19092020-muslims-and-jews-of-the-gulf-can-set-an-inspiring-example-oped/  

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA