Senin 21 Sep 2020 23:28 WIB

UNS Jadi Tuan Rumah Kejurnas Virtual Pencak Silat

Kejurnas pencak silat diselenggarakan secara virtual.

Rep: Binti Sholikhah/ Red: Muhammad Hafil
UNS Jadi Tuan Rumah Kejurnas Virtual Pencak Silat. Foto: Pertandingan pencak silat (ilustrasi)
Foto: Antara/Basri Marzuki
UNS Jadi Tuan Rumah Kejurnas Virtual Pencak Silat. Foto: Pertandingan pencak silat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Vitual Pencak Silat Kategori Tunggal dan Regu Antar Perguruan Tinggi tahun 2020. Kejurnas tersebut diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci UNS yang bertempat di Aula Pascasarjana UNS, Ahad (20/9).

Pembina UKM Tapak Suci UNS, Rony Syaifullah, mengatakan, sesuai dengan tema yang diusung "Break To The Limit To Be a Winner", Kejurnas bertujuan untuk meningkatkan semangat para pesilat bahwa keterbatasan kondisi pandemi bukan alasan untuk berhenti berprestasi.

Baca Juga

Peserta Kejurnas berasal dari 11 provinsi di Indonesia, dengan rincian dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Yogyakarta, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Papua serta diikuti oleh 14 universitas dengan jumlah total 69 atlet yang berpartisipasi.

"Mengingat kegiatan ini masih berada di masa pandemi, semua panitia dan juri yang bertugas tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," terang Rony seperti tertulis dalam siaran pers, Senin (21/9).

Kejurnas diawali dengan pembukaan melalui zoom meeting dan disiarkan langsung di kanal Youtube Fakultas Keolahragaan UNS. Kejurnas Virtual Pencak Silat tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Kuncoro Diharjo.

Selanjutnya, pelaksanaan pertandingan dibagi menjadi tiga sesi yakni mulai pukul 09.40 WIB – 14.51 WIB. Dalam Kejurnas tersebut, sebagai tuan rumah, UNS menyumbangkan tujuh medali untuk juara 1 dan juara harapan 2 kategori tunggal putra, juara 1 dan juara harapan 3 kategori tunggal putri, juara 2 dan juara 3 kategori regu putra, juara 3 dan juara harapan 2 kategori regu putri.

"Prestasi ini patut diacungi jempol dan saya sangat mengapresiasi Tim UNS yang banyak mendapat juara meski dalam suasana pandemi Covid-19," imbuh Rony.

Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS, Sapta Kunta Purnama, memberikan apresisasi dan ucapan terima kasih kepada 14 universitas yang telah berpartisipasi pada Kejurnas tersebut. "Meski dalam kondisi pandemi, namun tetap antusias dalam mengikuti kejuaraan ini. Dan alhamdulillah Kejurnas berlangsung dengan lancar," pungkas Sapta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement