Sabtu 19 Sep 2020 21:10 WIB

Hilangkan Stres Pandemi dengan Makanan Bergizi dan Olahraga

Selain dari asupan nutrisi, olahraga juga dianjurkan untuk jaga kesehatan mental.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Selain dari asupan nutrisi, olahraga juga dianjurkan untuk jaga kesehatan mental (Foto: ilustrasi stres)
Foto: Flickr
Selain dari asupan nutrisi, olahraga juga dianjurkan untuk jaga kesehatan mental (Foto: ilustrasi stres)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain dari asupan nutrisi, olahraga juga dianjurkan agar kesehatan mental selama pandemi tetap terjaga. Tak hanya itu, olahraga juga bisa hilangkan stres ringan.

TV Host dan Putri Pariwisata Indonesia, dr Reinita Arlin Baskoro, mengatakan, selama pandemi ada penelitian yang dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI). Terdapat 1500 orang yang berkonsultasi selama pandemi.

Baca Juga

Faktanya, dari 1500 orang, 64 persen mengalami gangguan, seperti stres, depresi, gangguan kecemasan, anxietas, bahkan sampai post-traumatic stress disorder (PTSD) atau stres karena trauma sebelumnya.

“Dari 64 persen tersebut, sebanyak 80 persen penyebabnya karena pandemi,” ujarnya dalam acara Virtual Launching Tupperware Premium Essential Oil dan Talkshow Kesehatan, pekan ini.

Reinita mengungkapkan, ada baiknya stres diatas dengan mengelola perasaan. Kita harus sadar diri ketika menghadapi situasi yang berat dan tak mudah dilewati.

Reinita menyarankan, olahraga atau aktivitas fisik ringan bisa dilakukan untuk menghilangkan stres. Misalnya, lakukan olahraga yang bisa diterapkan di rumah.

"Olahraga dengan kategori sedang hingga berat justru tidak dianjurkan," katanya.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan bergizi seimbang juga disarankan untuk hilangkan stres saat pandemi. Ia menyarankan untuk mengonsumi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam satu piring sesuai porsi yang dibutuhkan.

"Untuk protein bisa ditambah selama pandami karena berfungsi sebagai zat pembangun," jelas Reinita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement