Jumat 18 Sep 2020 23:03 WIB

Buka Konbes GP Ansor, Olly: Kita Berjuang Menghadapi Covid

Gubernur Sulut membuka Konbes XXIII GP Ansor.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak kader Ansor bahu-membahu bersama pemerintah mengatasi pandemi Covid-19.
Foto: Ist
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak kader Ansor bahu-membahu bersama pemerintah mengatasi pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berterima kasih kepada Gerakan Pemuda Ansor karena wilayahnya dipilih sebagai tuan rumah Konferensi Besar (Konbes) ke-XXIII. Olly juga mengapresisi GP Ansor yang mampu membangun hubungan baik dan sinergi dalam menjaga kerukunan antarumat beragama di provinsi berjuluk Bumi Nyiur Melambai ini.

"Dalam konteks pembangunan bangsa dan daerah, sinergitas dan dukungan dari GP Ansor di daerah masih sangat dibutuhkan, terlebih sekarang kita semua diperhadapkan dengan pandemi Covid-19. Saya ajak kita bahu-membahu berjuang mengatasi pandemi ini," kata Olly.

Baca Juga

Olly menilai dipilihnya Minahasa sebagai lokasi pelaksanaan Konbes XXIII GP Ansor sangat tepat dengan pertimbangan historis dan aktualisasi. Sebab Minahasa menjadi peletak dasar gerakan kerukunan.

Hal itu dibuktikan dengan datangnya para ulama-ulama Jawa dan Sumatra di Minahasa antara lain Kiai Mojo, Pangeran Diponegoro dan Imam Bonjol. Dengan demikian, menurut Olly, GP Ansor menunjukkan suatu gerakan kesinambungan sebagai aktualisasi pada estafet sejarah.

Olly menyatakan sebagai kontinuitas sejarah, GP Ansor harus tetap menjadi ujung tombak dalam merawat kerukunan nasional yang berpijak pada nilai-nilai kebangsaan sebagaimana dirumuskan Pancasila. "Saya menjadi saksi bagaimana pilar kerukunan di Sulut terjaga karena kekuatan nilai-nilai kerukunan yang dibangun dan dirawat oleh kader Ansor dan pemuda gereja," kata Bendahara Umum PDI Perjuangan tersebut.

Olly berharap Ansor sebagai bagian dari anak bangsa akan selalu menjadi komponen garda depan yang setia menjaga Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Olly turut mengapresiasi atas karya GP Ansor.

Pada kesempatan itu, Olly berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang membuka secara virtual kegiatan ini. "Terima kasih kepada Bapak Presiden atas kehadiran dan luangan waktunya menyatu dengan segenap komponen GP Ansor," ujar Olly.

Sementara, Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menegaskan pihaknya siap terus berkolaborasi dengan pemerintah untuk menangani dampak pandemi Covid-19 yang hingga kini masih menjadi tantangan besar bangsa Indonesia.

Yaqut Cholil Qoumas dalam Pembukaan Konferensi Besar (Konbes) Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat, menyatakan kader Ansor di berbagai penjuru nusantara siap terlibat aktif membantu mengatasi pandemi termasuk dampaknya yang mengakibatkan kontraksi di berbagai lini.

"GP Ansor menyambut baik ajakan pemerintah untuk berkolaborasi dalam penanganan COVID-19," ujar Yaqut dalam acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual.

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini menilai di tengah pandemi kolaborasi dan menumbuhkan kesadaran bersama adalah sebuah keniscayaan. Untuk itu, dibutuhkan sikap saling sinergi yang baik demi membangkitkan rasa optimisme itu.

Gus Yaqut mengungkapkan sejak awal pandemi, Pimpinan Pusat GP Ansor telah membentuk gugus tugas penanganan Covid-19 yang bertugas melakukan kampanye literasi bahaya Covid-19 kepada masyarakat.

Kepada Presiden Jokowi, Gus Yaqut secara khusus juga mengharapkan pemerintah meningkatkan perhatian terhadap pesantren-pesantren di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). Sebab kondisi pesantren akhir-akhir ini sangat terdampak pandemi Covid-19.

"Bahkan, barangkali mengalami dampak lebih besar dibanding komunitas-komunitas lain," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement