Sabtu 19 Sep 2020 02:04 WIB

AS Keluarkan Resolusi Kecam Rasisme Anti-Asia Selama Pandemi

Warga Asia-Amerika dipaksa untuk menanggung tindakan kefanatikan yang merendahkan

Red: Nur Aini
House of Representative Amerika Serikat pada Kamis secara resmi (18/9) mengutuk rasisme yang menargetkan orang Asia-Amerika di tengah pandemi Covid-19.
House of Representative Amerika Serikat pada Kamis secara resmi (18/9) mengutuk rasisme yang menargetkan orang Asia-Amerika di tengah pandemi Covid-19.

 

WASHINGTON -- House of Representative Amerika Serikat pada Kamis secara resmi (18/9) mengutuk rasisme yang menargetkan orang Asia-Amerika di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga

Resolusi yang pertama kali diperkenalkan oleh anggota kongres Grace Meng itu disahkan setelah mendapat dukungan 243 suara mendukung dan 164 suara menentang. Resolusi itu mengutuk semua bentuk rasisme yang menargetkan komunitas Asia-Amerika terkait dengan pandemi virus corona.

Menyerukan kepada semua pejabat publik untuk mengutuk dan mengecam sentimen anti-Asia, Resolusi itu mendesak penegak hukum federal untuk menyelidiki dan mendokumentasikan laporan yang dapat dipercaya tentang kejahatan kebencian terhadap warga Asia-Amerika dan meminta pertanggungjawaban pelakunya.

"Sejak awal pandemi virus korona, warga Asia-Amerika telah dipaksa menanggung tindakan fanatisme dan kebencian yang merendahkan dan menjijikkan, yang terdiri dari segala hal mulai dari serangan verbal hingga serangan fisik," kata Meng dalam sebuah pernyataan tak lama setelah resolusinya disetujui House of Representative.

Menurut dia, meningkatnya retorika anti-Asia dan menyalahkan orang Asia-Amerika atas penyebaran virus corona memalukan dan sembrono.

"Terutama jika itu datang dari para pemimpin negara kita seperti Presiden Trump, Pemimpin Mayoritas McCarthy dan banyak lainnya yang telah menggunakan istilah seperti 'Virus China,' 'Virus Wuhan', dan 'Kung-flu', untuk memicu ketakutan rakyat terhadap Covid-19," ujar Meng.

Pemimpin Minoritas Dewan Perwakilan Kevin McCarthy, yang dirujuk Meng dalam pernyataannya, menyebut resolusi itu sebagai pengalihan, dan mengatakan tidak ada yang menganggap ini sebagai prioritas.

"Resolusi hari ini adalah tidak menghentikan diskriminasi. Itu hanya menyebarkan disinformasi," tutur McCarthy.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/dpr-as-keluarkan-resolusi-kecam-rasisme-anti-asia-selama-pandemi/1977868
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement