Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Kenang Abah Alwi, Wagub DKI: Beliau Wartawan Tujuh Presiden

Jumat 18 Sep 2020 04:05 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Muhammad Fakhruddin

Kenang Abah Alwi, Wagub DKI: Beliau Wartawan Tujuh Presiden. Profil Abah Alwi Shahab

Kenang Abah Alwi, Wagub DKI: Beliau Wartawan Tujuh Presiden. Profil Abah Alwi Shahab

Foto: Republika
Alwi Shahab cukup disegani di dunia pers, terutama dalam penulisan sejarah Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patri menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya jurnalis senior Republika, Alwi Shahab. Wagub DKI yang akrab disapa Ariza ini menyebut Abah Alwi, begitu sapaan sang jurnalis, adalah wartawan yang merasakan kepemimpinan tujuh presiden, mulai dari Presiden Soekarno, Soeharto, BJ. Habibie, Gusdur, Megawati, SBY hingga Jokowi.

Rasa duka mendalam atas meninggalnya Wartawan Senior Republika, Abah Alwi Shahab tersebut disampaikan lewat akun Instagram pribadinya. Abah Alwi yang berusia 84 tahun, meninggal pada Kamis 17 September 2020 pukul 03.00 WlB di Jakarta.

"Tokoh yang juga dikenal sebagai Budayawan Betawi itu berkontribusi pada dunia jurnalistik Indonesia sejak era Bung Karno," kata Wagub Ariza, Kamis (17/9).

Ariza bahkan menyebut Abah Alwi yang meraih kartu pers nomor satu, dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) telah berkarier selama 60 tahun sebagai jurnalis sejak 1960. Beliau kerap menjalankan tugas jurnalistik penting. "Di antaranya, meliput semua aktivitas Raja Faisal di Jakarta saat berkunjung ke Indonesia pada 10-1 2 Juni 1970," tambahnya.

Menurutnya almarhum Alwi Shahab cukup disegani di dunia pers, terutama dalam penulisan sejarah Jakarta karena rekam jejak, karakter dan konsistensinya di dunia pers selama hidupnya. Banyak inspirasi, perbaikan yang bermula dari tulisannya.

"Selamat jaIan tokoh pers Indonesia Bapak Alwi Shahab. Semoga generasi muda hari ini meneladani beliau. Semoga Allah swt. menempatkan beliau di surga terbaik di sisi-Nya. Amin. Hormat Kami, Ariza Patria," imbuhnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA