Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Andrie Ekayana Jadi Asisten Pelatih Timnas Basket Elite Muda

Kamis 17 Sep 2020 20:37 WIB

Rep: Fitrianto/ Red: Israr Itah

Andrie Ekayana

Andrie Ekayana

Foto: REPUBLIKA/Israr Itah
Yayan akan membantu pelatih kepala Youbel Sondakh di timnas basket elite muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pebasket nasional Andre Ekayana ditunjuk menjadi asisten pelatih timnas basket elite muda. Sosok yang akrab disapa Yayan ini akan mendampingi pelatih kepala Youbel Sondakh. Yayan dan Youbel merupakan anggota skuat timnas basket Indonesia saat meraih perak di SEA Games 2007 Thailand. Selain Yayan, Youbel juga dibantu Koko Heru Setyo Nugroho sebagai asisten.

Yayan yang dihubungi Republika.co.id menyambut positif penunjukannya sebagai asisten pelatih. "Ya, ini kesempatan belajar yang berharga bisa bergabung di coaching staff tim elite muda ini. Semoga kemampuan dan pengalaman saya bisa membantu head coach dan pemain-pemain muda ini untuk berkembang lebih maksimal lagi," kata Yayan dalam pesannya, Kamis (17/9).

Penunjukan Youbel, Yayan, dan Heru ini berdasarkan surat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) bernomor 300/OO/IX/2020. Isinya tentang pengangkatan para pelatih dan asisten pelatih/pelatih fisik tim nasional elite muda. 

Baca Juga

Youbel saat ini menjadi asisten di timnas basket senior Indonesia mendampingi pelatih asal Serbia Rajko Toroman. Yayan mantan pebasket yang pernah membela Bima Sakti Malang, CLS Surabaya, Aspac Jakarta, dan MUBA Hangtuah Sumsel. Setelah pensiun, Yayan melatih anak-anak remaja putra dan putri di Bima Sakti.

Adapun Koko adalah pelatih di CLS Knights Surabaya. Ia berperan menjadi asisten pelatih di liga ASEAN Basketball League (ABL) saat CLS menjadi juara pada musim 2018-19. Sebelumnya, Koko juga pernah melatih timnas putri dan mengikuti SEABA Putri 2016, pelatih di IM Panasonic 2004-2008, Kalila dan Pelita Jaya (2008-2013, Hangtuah Sumsel 2013-1015), dan CLS Knights.

Sedangkan pelatih fisik yang ditunjuk mendampingi timnas elite muda adalah Derry Drew. Ia pelatih fisik kelahiran Bogor 6 Agustus 1994.

Youbel, Ekayana, Koko, dan Derry akan mendapatkan kontrak kerja dari Perbasi. Mengenai tugas dan tanggung jawab, serta hak dan kewajiban masing-masing, akan tertuang dalam kontrak kerja tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA