Kamis 17 Sep 2020 19:43 WIB

Arab Saudi Luncurkan Panduan Perjalanan Internasional

Panduan diberikan bagi penumpang yang diizinkan melakukan penerbangan internasional

Rep: Rizky suryarandika/ Red: Esthi Maharani
Maskapai Saudi Airlines.
Foto: saudigazette
Maskapai Saudi Airlines.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) mengeluarkan panduan perjalanan internasional guna mengindari penularan Covid-19. Panduan itu diberikan bagi penumpang yang diizinkan melakukan penerbangan internasional.

Dilansir dari Al Arabiya pada Kamis (17/9), Saudi memang telah mengizinkan penerbangan internasional terbatas sejak dua hari lalu. Penerbangan internasional sebelumnya dilarang sejak Maret lalu.

Dalam panduan GACA, tiap orang yang datang dari luar negeri ke Saudi wajib  menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari lembaga berizin tak kurang dari 48 jam sebelum jadwal penerbangan. Warga Saudi dan asing wajib menjalani karantina tiga hari di rumah setelah tiba dari luar negeri. Mereka juga wajib menggunakan aplikasi Tataman dan Tawakkalna.

Para penumpang pesawat wajib melaporkan jika menunjukkan gejala Covid-19. Sehingga langkah penanganan dapat lebih cepat diambil jika terjadi penularan.

Kemudian panduan GACA menganjurkan masker, face shield dan sarung tangan selalu dipakai. Berikutnya suhu penumpang tak boleh lebih dari 38 derajat celcius dan wajib cuci tangan setibanya di bandara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement