Kamis 17 Sep 2020 18:06 WIB

Album Mantra Mantra Diakui Kunto Aji Sangat Personal

Album Mantra Mantra dirilis Kunto Aji dua tahun lalu.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Solois Kunto Aji mengatakan album Mantra Mantra sangat personal.
Foto: Tangkapan Layar
Solois Kunto Aji mengatakan album Mantra Mantra sangat personal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantra Mantra milik penyanyi asal Yogyakarta, Kunto Aji, telah dua tahun dirilis. Menurut pria yang akrab disapa Mas Kun, album keduanya itu sangat personal.

"Banyak isu-isu pribadi yang tadinya saya nggak berani tulis, pada akhirnya saya tulis. Jadi saya mengungkapkan kata-kata hati di sini,” kata Kun dalam talkshow virtual “Ngobrolin #Katahati” oleh Joox, Rabu (16/9).

Baca Juga

Kun mengakui, album yang berisi sembilan lagu itu merupakan kumpulan dari renungan-renungan tentang kehidupan. Album itu juga berisikan lagu yang menceritakan masalah hidup, tentang mengapa kita dilahirkan, dan hal-hal lain yang terkesan sangat berat.

Mengingat hal yang diangkat itu sangat berat, Kun pun tak percaya diri untuk menuangkannya dalam musik. Namun demikian, pada akhirnya dia menemukan cara untuk menulis dan menuangkan apa yang dirasakannya dalam bentuk musik.

"Tadinya saya cukup belum punya keberanian untuk mengeluarkan itu. Selain karena temanya berat, untuk bisa menulis hal yang terhubung sangat kuat dengan kehidupan kita sendiri itu sangat sulit. Karena kita membicarakan hal yang sangat kompleks,” jelas dia.

Pria berusia 33 tahun itu lalu belajar mendengarkan kata hatinya dan memelihara kesehatan diri sendiri. Seiring dengan itu, dia menyadari ternyata musik bisa menjadi medium atau katarsis.

"Untuk saya sebagai penulis dan saya sebagai pendengar untuk bisa merasakan kehadiran sekarang ini di sini, kini, sekarang ini. Ini yang saya tumpahkan ke album Mantra Mantra,”  jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement