Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Tips Agar Sholat Lima Waktu tak Bolong

Kamis 17 Sep 2020 16:32 WIB

Rep: Zainur mahsir Ramadhan/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )

Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )

Foto: Republika/Prayogi
Ada enam cara khusus untuk memulai kebiasaan sholat yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sholat, sebagai salah satu dari lima rukun Islam, bisa membentuk inti dari keimanan seseorang. Tak hanya itu, sebagai tiang agama, sholat juga menunjukkan keyakinan umat Muslim kepada Allah SWT dan membantu diri kita fokus serta merenungkan keberadaan kita.

Perlu diingat, diriwayatkan dari Syaqiq bin Abdullah seorang tabiin yang disepakati kemuliaannya, ia berkata, ‘’Para sahabat Muhammad shallallahu alaihi wa sallam tidak memandang kufur karena meninggalkan amal, kecuali sholat". (HR. Tirmidzi dalam kitab Al-Iman dengan sanad yang shahih) [HR. Tirmidzi, no. 2622).

Sebagai bentuk ibadah, sholat bukan hal yang bisa diremehkan atau mungkin dikurang-kurangi. Sebaliknya, kegiatan antara Muslim dan sang pencipta itu bisa menjadi upaya seseorang agar melakukan rutinitas yang baik dan teguh dalam pelaksanaanya. Terlebih, ketika ibadah sholat juga memang telah diringankan oleh Allah SWT.

Hal tersebut juga kembali ditegaskan dalam surat Al-Baqarah 286 ‘’Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya..’’

Saat ini, untuk menunaikan sholat lima waktu dengan nyaman dan tepat waktu, memang dianggap menjadi kendala bagi banyak Muslim. Namun, mengutip About Islam Rabu (16/9), nyatanya ada enam cara khusus untuk memulai kebiasaan sholat yang baik.

Pertama, mengerti apa arti dalam pelafalan doa atau surat ketika sholat. Jika tidak mengetahui arti dari yang diucapkan dalam sholat, ikatan antara diri dan ibadah akan lebih sulit. Dengan demikian, mempelajari arti dari surat atau doa yang diucapkan dalam sholat lima waktu, adalah hal yang perlu.

Kedua, merencanakan hari. Dalam perencanaan ini, penting untuk menyisihkan waktu demi menjalankan rutinitas sholat lima waktu sehari-hari. Menyisihkan waktu untuk sholat, akan lebih mudah alih-alih mensisakan waktu untuk sholat.

Ketiga, yang perlu diperhatikan adalah mempersiapkan apa saja yang diperlukan saat hendak sholat. Jika memang bepergian, bawalah sajadah, mukena dan pakaian sholat lain yang diperlukan sehingga, perencanaan untuk ibadah lima waktu, bahkan ketika berpergian akan lebih mudah.

Keempat yang perlu dilakukan adalah mengatur alarm atau penanda sholat di gawai yang selalu dibawa-bawa. Saat ini, telah tersedia juga banyak aplikasi di gawai yang berguna untuk memberi notifikasi adzan atau waktu sholat.

Kelima, yang perlu diingat dan dilakukan agar sholat lima waktu terlaksana adalah melakukan doa secara terus menerus. Tujuannya, untuk meminta pada sang pencipta, agar bisa melakukan rutinitas ibadah harian umat Muslim itu dengan lebih baik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA