Kamis 17 Sep 2020 13:07 WIB

Bank Mandiri Telah Salurkan Kredit PEN Senilai Rp 1,27 T

Kredit program PEN disalurkan ke usaha yang membantu penguatan ketahanan pangan

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyalurkan kredit produktif bagi UMKM senilai Rp 1,27 triliun hingga 14 September 2020 di Jawa Barat.
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyalurkan kredit produktif bagi UMKM senilai Rp 1,27 triliun hingga 14 September 2020 di Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyalurkan kredit produktif bagi UMKM senilai Rp 1,27 triliun hingga 14 September 2020 di Jawa Barat. Pembiayaan tersebut terbagi atas penyaluran pada segmen UMKM senilai Rp 640 miliar, segmen mikro Kredit Usaha Mikro (KUM) senilai Rp 177 miliar, dan mikro Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 458 miliar.

Regional CEO Bank Mandiri Region VI/Jawa I Sulaeman mengatakan kredit program PEN disalurkan ke sektor usaha yang membantu penguatan ketahanan pangan yakni sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Kemudian kredit juga disalurkan ke sektor perdagangan besar dan eceran, industri pengolahan, dan sektor konstruksi.

“Perseroan akan terus menyalurkan kredit produktif dalam program PEN. Saat ini perseroan menyadari tingginya kebutuhan permodalan para pelaku usaha untuk menyerap berbagai risiko yang ada dalam menjaga keberlangsungan usaha di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi ke depan,” ujarnya dalam keterangan tulis, Kamis (17/9).

Meskipun realisasi penyaluran PEN Bank Mandiri Regional VI/Jawa 1 telah melewati target awal internal, Sulaeman mengaku akan tetap menyalurkan kredit PEN secara cepat dan tepat sasaran. Diharapkan inisiatif Bank Mandiri dalam penyaluran kredit PEN bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh pelaku UMKM dalam menghela roda perekonomian di wilayah Jawa Barat.

"Untuk itu, kami akan menggandeng berbagai komponen masyarakat, termasuk nasabah eksisting, serta memanfaatkan seluruh sumber daya di Bank Mandiri," katanya.

Dalam kesempatan Gathering dan Sosialisasi Program PEN kepada para pelaku UMKM Jawa Barat di Bandung, Bank Mandiri juga melakukan seremoni penyerahan kredit PEN kepada debitur segmen mikro dan UKM. Seremoni disaksikan langsung melalui video conference oleh Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Donsuwan Simatupang, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji, serta perwakilan asosiasi dan gabungan pengusaha pelaku UMKM Jawa Barat.

Tercatat, volume kredit produktif yang disalurkan pada acara tersebut sebesar Rp 18,37 miliar kepada 24 nasabah debitur dari segmen UKM, segmen Mikro KUM dan segmen Mikro KUR. “Intinya kami akan terus mengoptimalkan penyaluran kredit produktif kepada para pelaku UMKM agar pengembangan dan keberlangsungan usaha mereka tetap berjalan baik di tengah situasi pandemi Covid-19,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement