Kamis 17 Sep 2020 12:24 WIB

Bebas Biaya Operasi Tumor, Helena Rasakan Manfaat JKN-KIS

JKN-KIS sangat membantu masyarakat luas terutama dari segi biaya pengobatan.

Helena Kelen Diaz (75), merupakan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Helena begitu sapaannya bercerita  bagaimana dirinya memanfaatkan kartu kepesertaan JKN-KIS miliknya untuk operasi tumor lunak yang bersarang di kepalanya.
Foto: istimewa
Helena Kelen Diaz (75), merupakan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Helena begitu sapaannya bercerita bagaimana dirinya memanfaatkan kartu kepesertaan JKN-KIS miliknya untuk operasi tumor lunak yang bersarang di kepalanya.

REPUBLIKA.CO.ID KUPANG--Helena Kelen Diaz (75), merupakan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Helena begitu sapaannya bercerita  bagaimana dirinya memanfaatkan kartu kepesertaan JKN-KIS miliknya untuk operasi tumor lunak yang bersarang di kepalanya. 

Awalnya ia pingsan ketika sedang beribadah, setelah dibawa ke klinik ternyata dirinya mengalami vertigo dan dokter mengarahkan untuk dirujuk ke rumah sakit untuk pemerikasaan lebih lanjut. Setelah dilakukan pemeriksaan di rumah sakit, terdapat penyumbatan di kepalanya yang ternyata tumor lunak. 

Ketika di rumah sakit, dirinya diarahkan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait tumor ini, apakah memungkinkan untuk dioperasi mengingat usianya yang saat itu sudah 74 tahun. “Akhirnya dianjurkan untuk operasi oleh dokter untuk pengangkatan tumor ini dan Alhamdulillah operasi berjalan dengan lancar. Saya tidak lupa mengucap syukur kepada Tuhan dan juga kepada fasilitas kesehatan yang melakukan operasi tersebut serta kepada BPJS Kesehatan karena telah menjamin sepenuhnya biaya operasi saya,” katanya.

Saat ini dirinya masih rutin untuk kontrol 1 kali dalam sebulan ke rumah sakit. Dirinya sangat bersyukur terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, karena baginya sangat membantu terutama dari segi biaya. “Saya masih rutin berobat untuk penyembuhan, dan semua biaya kontrol juga dijamin JKN-KIS Alhamdulillah setiap berobat saya selalu menggunakan KIS dan tidak dikenakan biaya. Cukup dengan menunjukan KIS ini setiap berobat, kartu ini selalu saya bawa dan selalu ada di dompet saya,” imbuhnya.

 

Helena pun berharap agar Program JKN-KIS ini tetap ada di Indonesia karena baginya telah banyak masyarakat yang tertolong dengan adanya program pemerintah ini seperti yang telah ia rasakan. 

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena telah mencanangkan Program JKN-KIS, kepada fasilitas kesehatan karena telah memberikan pelayanan dengan sangat baik dan tentunya kepada BPJS Kesehatan karena telah menyelenggarakan program dengan sangat baik. “Saya yakin sudah banyak jiwa masyarakat yang telah tertolong dengan adanya Program JKN-KIS ini, saya berharap agar program ini semakin mendapat dukungan dari berbagai pihak demi kelancaran dan semakin berkesinambungan program JKN-KIS di tengah masyarakat,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement