Rabu 16 Sep 2020 19:16 WIB

Makanan Simpel yang Bisa Membuat Kulit Glowing dan Awet Muda

Beberapa bahan alami mampu membantu Anda memiliki kulit cantik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Alpukat, salah satu sumber lemak baik.
Foto: flickr
Alpukat, salah satu sumber lemak baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan yang Anda konsumsi tidak hanya dapat memberikan energi, tetapi juga manfaat lainnya bagi tubuh manusia. Termasuk bagi penampilan, makanan dapat mendukung bagi kebaikan dan kesehatan kulit, kuku, hingga rambut.

Dibandingkan menggunakan produk perawatan kulit, sejatinya ada bahan alami yang dapat membantu kulit tetap cantik. Berikut lima makanan yang bisa dicoba untuk membantu kulit menjadi lebih bersinar atau glowing dan awet muda seperti dilansir di laman Iol.co.za, Rabu (16/9):

Ikan

Ikan dengan asam lemak omega-3, dapat membentuk sekitar 3 persen dari batang rambut manusia. Meskipun salmon adalah favorit banyak orang, ikan berlemak lainnya seperti sarden, makerel, dan herring bahkan lebih tinggi manfaatnya bagi kesehatan dan lebih rendah kandungan merkuri.

Alpukat

Pilihlah buah lezat ini karena kandungan lemaknya yang baik, bisa membuat kulit terasa lebih kenyal. Alpukat mengandung asam lemak omega-9 tingkat tinggi dan vitamin A, D, dan E yang merupakan bahan penunjang kulit yang sehat.

Pepaya

Buah ini mengandung vitamin A yang dapat membantu mengurangi risiko timbulnya jerawat, dan vitamin E sehingga dapat membantu menjaga penampilan kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Pepaya juga kaya vitamin C sehingga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

Telur

Baik itu olahan telur orak-arik, telur mata sapi, atau rebus, semua kreasi itu baik guna menjadi tambahan yang memuaskan dan bergizi. Kandungan dalam telur membantu penyerapan vitamin B, detoksifikasi hati, dan produksi kolagen serta keratin, yang penting untuk kesehatan rambut, kulit dan kuku.

Air

Tetap terhidrasi adalah salah satu faktor terpenting dalam menjaga kulit tetap sehat, bercahaya, dan awet muda. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih berisi dan kecil kemungkinan untuk kendor atau keriput.

Kulit yang kekurangan hidrasi akan tampak kering, bersisik, dan kencang, serta kurang kenyal. Selain itu, lebih rentan terhadap keriput. Jika bosan minum air putih, cari cara alami untuk meningkatkan rasa dengan menambahkan buah dan sayuran seperti stroberi, jeruk, lemon, jeruk nipis, hingga mentimun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement