Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Dituduh Transphobia, JK Rowling Dibela Aktor Harry Potter

Rabu 16 Sep 2020 19:11 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

JK Rowling dan Robbie Coltrane.

JK Rowling dan Robbie Coltrane.

Dituduh Transphobia, JK Rowling Dibela Aktor Harry Potter

VIVA – Bintang Harry Potter, Robbie Coltrane membela JK Rowling dan menentang tuduhan bahwa penulis Inggris itu transphobia.

Sebagai informasi, Rowling menerima kecaman musim panas ini, termasuk dari bintang Harry Potter, seperti Daniel Radcliffe, Emma Watson dan Rupert Grint, karena tweet dan blognya yang mempertanyakan gagasan 'seks tidak nyata' dan meningkatkan kekhawatiran tentang perubahan undang-undang identitas gender.

Baca Juga: Tagar RIPJKRowling Trending di Twitter, Warganet Heboh

Coltrane yang berperan sebagai Rubeus Hagrid dalam film Harry Potter, kini angkat bicara dan membela JK Rowling. Ia menyalahkan kemarahan pada anak muda yang terlalu mudah tersinggung.

"Saya tidak berpikir apa yang dia katakan benar-benar menyinggung. Saya tidak tahu mengapa, tetapi ada banyak generasi Twitter yang menunggu untuk tersinggung," ucap Robbie Coltrane dikutip dari laman Aceshowbiz, Rabu, 16 September 2020.

Baca Juga: Nge-tweet soal Transeksual, J.K. Rowling Dihujat Habis-habisan

JK Rowling.

"Mereka tidak akan memenangkan perang, bukan? Itu saya yang berbicara seperti orangtua yang pemarah, tetapi kamu hanya berpikir, 'Oh, lupakan dirimu sendiri. Bijaksana, berdiri tegak dan lanjutkan'," tambah pria 70 tahun ini.

Namun, dia menolak untuk mengatakan banyak hal lebih jauh.

"Saya tidak ingin terlibat dalam semua itu karena semua surat kebencian dan semua hal itu tidak saya butuhkan di hidup saya," kata Robbie Coltrane.

Perselisihan mengenai pandangan JK Rowling tentang identitas gender telah muncul kembali setelah review novel kriminal terbarunya berjudul Troubled Blood, yang diterbitkan di surat kabar Daily Telegraph Inggris, dan dilaporkan oleh situs LGBTQ + Pink News.

Ulasan tersebut mengklaim bahwa novel itu fokus pada seorang pria yang dicurigai sebagai pembunuh berantai yang berpakaian seperti seorang wanita. Hal ini pun memancing kemarahan dari para pengkritiknya.

JK Rowling lantas diserang oleh para pengguna media sosial dan tagar RIPJKRowling menjadi trending pada Senin, 14 September 2020 lalu. Rowling sendiri belum secara terbuka menanggapi kontroversi terbarunya itu dan juru bicaranya menolak berkomentar saat dihubungi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA