Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Ini Kata Sandiaga Uno dan Ahok Soal Sosok Sekda Saefullah

Rabu 16 Sep 2020 18:21 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan

Sekda Pemprov DKI Jakarta Saefullah.

Sekda Pemprov DKI Jakarta Saefullah.

Foto: Republika/Rakhmawaty Lalang
Ahok sebut Saefullah sosok yang rajin dan cepat dalam bekerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berita berpulangnya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta membuat Ibu Kota berduka. Lelaki kelahiran Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara tersebut dikenal sebagai sosok yang baik, pekerja keras, dan rajin.

Sederet tokoh publik menyampaikan kesan mereka tentang sosok Sekda Saefullah, termasuk beberapa tokoh yang pernah memimpin Jakarta. Seperti Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Melalui akun media sosial instagram @Sandiuno, Sandi mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Sekda Saefullah. "Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah sahabat saya, rekan kerja saya, Bapak Dr. H. Saefullah, M. Pd, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta," kata Sandi, Rabu (16/9).

Sandi menuturkan, dirinya pernah bersama-sama berjuang dengan Sekda Saefullah dalam memberikan pelayanan publik, menghadirkan biaya kebutuhan pokok yang terjangkau serta membuka luas peluang lapangan kerja. Selama bekerjasama, Sandi mengatakan, Saefullah yang telah menjabat sebagai Sekda selama enam tahun silam itu adalah sosok pekerja keras.

"Beliau saya kenal sebagai seorang yang pekerja keras, dan tak hanya itu, ia juga saya kenal sebagai orang yang sangat rajin berolahraga dan menjaga kesehatan," kata Sandi.

Ungkapan rasa sedih tampak dari tulisan Sandi tersebut. Dia menyebut, Sekda Saefullah bersama petugas lainnya berada di garda terdepan dalam memastikan virus tidak semakin menyebar luas. "Namun justru ia sendiri yang harus menjadi korban ganasnya virus corona," ujar dia.

Dia mendoakan Sekda Saefullah berpulang kepada Allah SWT dalam kondisi khusnul khotimah, diampuni segala dosa-dosanya, serta diterima seluruh amal ibadahnya. "Kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga Allah SWT senantiasa memberikan ketabahan dan kekuatan," tutupnya.

Senada, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melalui akun media sosial instagramnya, @basukibtp turut menyampaikan rasa duka atas wafatnya Sekda Saefullah.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Sekda DKI Jakarta Bapak Saefullah, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan," kata Ahok.

Ahok juga menyebut Sekda Saefullah adalah orang yang rajin dan cekatan dalam menjalankan pekerjaannya. "Pak Saefullah adalah sosok yang rajin dan cepat dalam bekerja," kata dia.

Sekda Saefullah tutup usia pada Rabu (16/9) pukul 12.55 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. akibat Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti menyatakan, Saefullah meninggal karena shock sepsis irreversible dengan ARDS bagi pasien terkonfirmasi Covid-19. Jenazah dimakamkan di Rorotan dan pemusalarannya dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA