Rabu 16 Sep 2020 17:40 WIB

Pemkab OKU Resmikan Operasional Toko Tani

TTIC diharapkan dapat mengendalikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan.

Logo Pemkab OKU, Sumatra Selatan. Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU meresmikan operasional Toko Tani Indonesia Center (TTIC).
Foto: okukab.go.id
Logo Pemkab OKU, Sumatra Selatan. Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU meresmikan operasional Toko Tani Indonesia Center (TTIC).

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA -- Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) setempat meresmikan operasional Toko Tani Indonesia Center (TTIC). TTIC menyediakan kebutuhan pokok berkualitas bagi masyarakat dengan harga terjangkau.

Kepala DKP Ogan Komering Ulu (OKU), Supriono mengatakan, TTIC merupakan program Kementerian Pertanian yang diluncurkan untuk memberikan kemudahan distribusi pangan melalui pasar mitra tani. Khususnya saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Baca Juga

"Masyarakat sangat membutuhkan tempat berbelanja kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau," kata Supriono, di Baturaja, Rabu (16/9).

Dia menjelaskan, TTIC ini menjual berbagai kebutuhan pangan pokok yang berkualitas dengan harga murah. Karena pasokan didatangkan langsung dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di wilayah setempat.

Dengan adanya TTIC ini juga, kata Supriono, dapat mengantisipasi disparitas harga pangan sehingga petani dapat memperoleh banyak keuntungan."Hadirnya TTIC ini diharapkan dapat mengendalikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan pokok di Kabupaten OKU," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel, Taufik Gunawan dalam kesempatan tersebut menambahkan, TTIC merupakan program nasional ketahanan pangan yang diluncurkan. Tujuannya, untuk mempercepat penyaluran komoditas pangan dari kelompok tani di Indonesia.

Sejauh ini, jumlah TTIC di Sumatra Selatan sebanyak tujuh unit meliputi di Kabupaten Muba, OKI, OKU Timur, Lubuk Linggau, dan Muara Enim.

Jenis komoditi pangan yang dijual di TTIC ini adalah kebutuhan pokok sehari-hari antara lain beras, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai, dan tepung. "Hadirnya TTIC di Kabupaten OKU ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh pangan yang berkualitas dengan harga terjangkau dan juga menjadi media pemasaran bagi kelompok tani," ujar Taufik.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement