Rabu 16 Sep 2020 10:55 WIB

Ancelotti, Antara Usain Bolt dan James Rodriguez

Rodriguez sempat diragukan bisa cepat adaptasi dengan gaya permainan Liga Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
James Rodriguez berseragam Everton.
Foto: INSTAGRAM Everton
James Rodriguez berseragam Everton.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Everton, Carlo Ancelotti, tidak pernah meragukan performa gelandang serang asal Kolombia, James Rodriguez. Padahal, Rodriguez sempat diragukan bisa beradaptasi secara cepat dengan gaya permainan di Liga Primer Inggris yang dikenal mengandalkan kekuatan fisik dan kecepatan.

Keraguan terhadap kemampuan top skorer Piala Dunia 2014 itu muncul lantaran Rodriguez lebih banyak menghuni bangku cadangan di Real Madrid pada musim lalu. Namun, Rodriguez ternyata mampu tampil impresif kala melakoni debutnya bersama Everton di laga kontra Tottenham Hotspur, Ahad (14/9) malam WIB.

Di laga yang digelar di Stadion Tottenham Hotspur tersebut, mantan gelandang serang FC Porto itu menjadi pemain dengan jumlah operan kunci terbanyak, yaitu sebanyak lima kali. Selain itu, Rodriguez juga tercatat empat kali memotong operan pemain-pemain Spurs.

photo
Pelatih Everton Carlo Ancelotti  - (Scott Heppel/Reuters)

Ancelotti pun menyebut, dengan kemampuan yang dimilikinya, Rodriguez adalah pemain yang berbahaya buat tim lawan. Kemampuan utama Rodriguez bukanlah kecepatan, melainkan kemampuan teknik berupa sentuhan pertama dan merangsek ke jantung pertahanan lawan.

''James bukanlah pemain tercepat di dunia, tapi dia memiliki kualitas yang lain. Kami harus bisa memaksimalkan kemampuannya. Dia bukanlah pemain sayap murni, tapi dia bisa menerima bola dan melakukan tusukan ke pertahanan lawan. Dia adalah pemain yang berbahaya,'' ujar Ancelotti seperti dikutip Sky Sports, Selasa (15/9).

Semua kemampuan ini, lanjut Ancelotti, menjadi pertimbangan utama dirinya untuk merekrut dan kembali bekerja sama dengan Rodriguez. Ancelotti pun menyebut, apabila mencari pemain yang bisa berlari dengan cepat, maka Everton akan merekrut sprinter asal Jamaika, Usain Bolt, alih-alih mendatangkan Rodriguez.

''Saya tidak pernah khawatir dengan kondisi fisik James. Jika saya khawatir tentang hal itu, maka mungkin saya akan memilih mendatangkan Usain Bolt,'' kilah Ancelotti.

Dalam lawatan ke markas Spurs itu, Everton sukses memboyong tiga poin usai membungkam tim tuan rumah, 1-0. Gol kemenangan The Toffees dicetak oleh penyerang asal Inggris, Dominic Calvert-Lewin, pada menit ke-55.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement