Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Polda Metro Limpahkan Berkas Kasus John Kei ke Kejaksaan

Selasa 15 Sep 2020 22:49 WIB

Red: Andi Nur Aminah

John Kei (tengah) saat memeragakan reka ulang perencanaan penyerangan di Bekasi, Jawa Barat, (ilustrasi)

John Kei (tengah) saat memeragakan reka ulang perencanaan penyerangan di Bekasi, Jawa Barat, (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Fakhri Hermansya
Berkas yang telah dilengkapi tersebut saat ini masih dalam pemeriksaan oleh Kejaksaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyidik Polda Metro Jaya kembali melimpahkan berkas perkara kasus penganiayaan dan pembunuhan dengan tersangka John Kei kepada Kejaksaan. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Yusri Yunus di Mako Polda Metro Jaya, Selasa (15/9) mengatakan pihaknya beberapa waktu lalu sudah melimpahkan berkas tersebut kepada jaksa. Namun dikembalikan karena dinilai belum lengkap atau P19.

Polda Metro Jaya sudah melengkapi berkas itu dan telah menyerahkannya kembali kepada Kejaksaan. "Memang tanggal 10 (September 2020) yang lalu ada kekurangan sedikit dalam berkas perkara saat kita menyerahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU). Ada beberapa kekurangan dan itu sudah dilengkapi, setelah itu sudah kita pulangkan lagi," kata Yusri.

Baca Juga

Yusri mengatakan berkas yang telah dilengkapi tersebut saat ini masih dalam pemeriksaan oleh Kejaksaan. Apabila berkas dinyatakan lengkap atau P21, maka Kepolisian bisa langsung menyerahkan John Kei kepada Kejaksaan untuk disidangkan.

"Sudah kita lengkapi dan dikembalikan ke JPU, mudah-mudahan secepatnya P21 untuk bisa tahap 2 penyerahan tersangka dan juga barang bukti serta berkas perkaranya," kata Yusri.

John Kei dan 38 anak buahnya ditangkap jajaran Polda Metro Jaya akibat kasus dugaan perusakan rumah Nus Kei di Tangerang dan pengeroyokan yang menyebabkan meninggalnya seorang pria berinisial ER. Dalam rangkaian kasus tersebut, Polda Metro Jaya telah mengamankan 39 tersangka dan 8 orang lainnya masih dalam pengejaran petugas.

Sebanyak 22 tersangka berikut dengan barang buktinya telah diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Kota Tangerang untuk disidangkan setelah berkas perkaranya dinyatakan lengkap. Sedangkan John Kei sebagai tersangka utama dalam perkara tersebut tidak ikut dilimpahkan karena perkaranya tidak ditangani oleh Kejaksaan Negeri Kota Tangerang.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA