Selasa 15 Sep 2020 16:41 WIB

Universitas Pancasila Gelar PKKMB 2020

Pengenalan kehidupan kampus dilakukan secara daring.

Kegiatan PKKMB 2020 Univestitas Pancasila
Foto: Dok. Up
Kegiatan PKKMB 2020 Univestitas Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam upayanya mewujudkan sumber daya manusia/lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi serta Adaptif, Produktif, Inovatif dan Kontributif, Universitas Pancasila (UP) menggelar kegiatan bertema Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020.

Rektor UP, Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt. mengatakan, keunggulan tersebut bisa didapatkan apabila SDM yang ada memiliki pengetahuan, teknologi, keterampilan dan etos kerja yang tepat. Menurut dia, inilah yang dibangun oleh Universitas Pancasila (UP) sejak didirikan pada tanggal 28 Oktober 1966, dan sampai dengan saat ini terus berusaha meningkatkan kualitasnya.

Wahono menjelaskan, ketangguhan dan kemampuan untuk  beradaptasi terhadap perubahan adalah salah satu kualitas yang perlu dimiliki oleh lulusan UP. Hal inilah yang ingin dicontohkan UP dengan mengadakan kegiatan PKKMB UP 2020 secara daring untuk pertama kalinya, pada Senin (14/9) hingga Jumat (18/9) sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru yang terjadi karena pandemi Covid-19.

Ia mengatakan, dalam penyelenggaraan ini, UP berkolaborasi dengan tim profesional yang telah memiliki banyak pengalaman dan juga didukung dengan teknologi yang memadai untuk melaksanakan kegiatan secara daring, tentunya dengan memenuhi standar protokol kesehatan dan juga SDM yang kompeten di bidangnya. 

"Ini juga merupakan bentuk keterbukaan Perguruan Tinggi dalam berkolaborasi dengan berbagai bidang industri. Para mahasiswa baru pada hakikatnya merupakan warga kampus yang akan mulai menjalani kehidupan akademik dan kemahasiswaan," ujar dia, Selasa (15/9)?).

Ia menjelaskan, melalui Pengenalan Kehidupan Kampus, para mahasiswa baru UP akan diperkenalkan dengan sistem pendidikan tinggi dan paradigma perguruan tinggi ke depan. Di samping itu juga diperkenalkan lembaga kemahasiswaan yang ada di UP untuk mendukung mereka agar mampu bersosialisasi dan juga berorganisasi melalui kegiatan non-akademik. 

Selain itu, kata dia, program ini juga dimaksudkan untuk menciptakan keakraban yang harmonis antara mahasiswa baru dan  mahasiswa lama serta dengan seluruh warga kampus.

Dia mengatakan, adanya perubahan yang terjadi secara cepat dalam skala global karena adanya pandemi Covid-19 ini, memaksa siapapun membentuk perilaku baru.

Perubahan, kata dia, tentunya bukan hal yang mudah.

"Namun, kecepatan beradaptasi sangat diperlukan untuk mampu ikut dalam persaingan global. UP juga terus beradaptasi dengan melaksanakan hampir setiap kegiatan secara daring, seperti; ujian penerimaan mahasiswa baru, perkuliahan, sidang skripsi dan melakukan seminar-seminar secara online sehingga iklim akademik dapat terus terjaga," kata dia.

Untuk Tahun Akademik 2020/2021 ini, UP telah menerima sebanyak 2.301 mahasiswa baru baik untuk Program Diploma (D3), Sarjana (S1), Profesi Apoteker, Magister (S2) serta Program Doktor (S3). Menurut dia, jumlah ini masih akan terus bertambah, mengingat pendaftaran mahasiswa baru masih tetap dibuka sampai dengan akhir bulan september 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement