Selasa 15 Sep 2020 17:14 WIB

Kebakaran Landa Pantanal Brasil, Lahan Gambut Terluas Dunia

Kobaran api telah menghancurkan hampir 12 persen wilayah Pantanal

Red: Nur Aini
Kebakaran besar melanda kawasan Pantanal Brasil
Kebakaran besar melanda kawasan Pantanal Brasil

 

BOGOTA -- Kebakaran besar melanda lahan gambut di wilayah barat dan tengah Brasil. Kebakaran itu telah menghancurkan hampir 12 persen lahan basah tropis terbesar di dunia.

Baca Juga

Pembakaran lahan kerap kali dilakukan oleh peternak dan petani untuk membersihkan lahan, tetapi kekeringan parah dalam 47 tahun terakhir semakin memperburuk situasi. Pantanal, yang juga meliputi wilayah Bolivia dan Paraguay, adalah rumah bagi sekitar 1.200 spesies hewan vertebrata, termasuk 36 spesies yang terancam punah. Wilayah itu adalah rumah bagi burung langka dan populasi terpadat bagi jaguar di dunia.

Para ilmuwan menyatakan tidak bisa memprediksi besarnya kerugian akibat kebakaran itu. Hasil pengamatan satelit dari National Institute for Space Research menunjukkan bahwa dari Januari hingga September, 14.764 titik api terdeteksi di bioma Brasil ini, yang meningkat 214 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Menurut Badan Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), meskipun Pantanal lebih kecil dan kurang terkenal dibandingkan hutan Amazon, tetapi wilayah itu memiliki perairan yang melimpah dan lokasi yang strategis. Para aktivis lingkungan pun menyalahkan Presiden Brasil Jair Bolsonaro karena dianggap mendorong intervensi di lahan yang dilindungi.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/kebakaran-besar-di-brasil-landa-pantanal-lahan-basah-terluas-di-dunia/1973634
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement