Selasa 15 Sep 2020 13:02 WIB

Toshimitsu Motegi Masih Jabat Menteri Luar Negeri Jepang

Toshimitsu Motegi masih menduduki jabatannya dalam kabinet baru

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) berjalan bersama Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi (kiri). Ilustrasi.
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) berjalan bersama Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi (kiri). Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi masih menduduki jabatannya dalam kabinet baru. Pada Selasa (15/9) kantor berita Jepang, Kyodo, melaporkan perdana menteri Jepang yang baru Yoshihide Suga akan mengumumkan kabinetnya pada Rabu (16/9).

Mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, Kyodo juga mengatakan Suga sudah memutuskan mempertahankan orang-orang Shinzo Abe di kabinetnya. Seperti Menteri Keuangan dan Wakil Perdana Menteri Taro Aso, Menteri Transportasi Kazuyoshi Akaba, dan Menteri Olimpiade Seiko Hashimoto.

Baca Juga

Pada Senin (14/9) kemarin Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga memenangkan pemilihan pemimpin Partai Demokratik Liberal (LDP). Kemenangan ini akan menjadi pembuka jalan baginya menjadi perdana menteri dalam pemungutan suara parlemen pada Rabu.

Suga akan menjalani sisa masa jabatan Perdana Menteri Shinzo Abe sebagai perdana menteri sekaligus pemimpin LDP hingga September 2021. Spekulasi berkembang bahwa dia akan mengadakan pemilihan umum untuk majelis rendah parlemen bulan depan demi meningkatkan peluangnya memenangkan masa jabatan tiga tahun penuh sebagai pemimpin LDP.

Pemungutan suara untuk majelis rendah harus diadakan pada akhir Oktober 2021. Suga adalah tangan kanan Abe yang namanya naik dalam jajak pendapat setelah mengumumkan pencalonannya untuk menggantikan Abe.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement