Selasa 15 Sep 2020 13:02 WIB

Mengenal Fosfin, Zat Organik yang Ditemukan di Awan Venus

Para ilmuwan juga mempelajari fosfin di awan Jupiter dan Saturnus bertahun-tahun.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Venus yang berwarna orange.
Foto: nasa
Venus yang berwarna orange.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan menemukan fosfin di awan Venus. Zat ini mungkin bisa menjadi tanda awal adanya kehidupan di Venus.

Fosfin adalah senyawa kimia yang terdiri dari satu atom fosfor dan tiga atom hidrogen. Para ilmuwan juga telah melihatnya di Bumi, Jupiter, dan Saturnus.

Fosfin dinilai cukup lazim di atmosfer, yang keduanya kaya akan hidrogen. Di Bumi, di mana atmosfer lebih condong ke senyawa oksigen, umurnya jauh lebih pendek, dan hal yang sama seharusnya berlaku di Venus. Sara Seager, astronom di Massachusetts Institute of Technology dan rekan penulis penelitian baru mengatakan bahwa ini sebenarnya sangat tidak jelas.

“Tidak ada yang peduli tentang fosfin, kecuali untuk beberapa orang yang sangat cerdik,” ujar Seager, dilansir Space, Selasa (15/9).

Para ilmuwan telah mempelajari fosfin di awan Jupiter dan Saturnus selama beberapa dekade. Penelitian terbaru mungkin  bukan yang pertama melihat senyawa tersebut di Venus.

Probe Vega Uni Soviet mendeteksi bahan kimia yang mengandung fosfor di awan lokal pada 1980-an, meskipun instrumen mereka tidak cukup canggih untuk membuat identifikasi yang tepat. Di Bumi, senyawa ini menarik, namun sulit untuk dipelajari di laboratorium sehingga para ilmuwan cenderung memfokuskan upaya mereka di tempat lain.

Selama ini, manusia memproduksi fosfin untuk keperluan industri. Matthew Pasek, astrobiologis dan ahli geokimia di University of South Florida yang telah bekerja pada masalah siklus fosfor tetapi tidak terlibat dalam penelitian baru mengatakan sebagian besar orang mengenal fosfin sebagai racun tikus.

"Itu adalah sesuatu yang kami buat untuk membunuh sesuatu - mikroba tidak benar-benar terbunuh olehnya, tetapi organisme yang lebih besar,” jelas Pasek.

Para ilmuwan juga telah menemukan fosfin di dekat komunitas mikroorganisme tertentu, meskipun belum menyelidiki secara dekat bagaimana hal itu terjadi. Walau para peneliti pada temuan baru tersebut mengatakan bahwa di Bumi, senyawa tersebut diproduksi oleh mikroba, Tetyana Milojevic, seorang ahli biokimia di Universitas Wina yang tidak terlibat dalam penelitian baru tersebut, mengatakan bahwa tidak ada bukti yang kuat tentang hal itu.

Sebaliknya, itu mungkin hanya produk dari materi mikroba yang membusuk secara kimiawi. Cara kita memahami fosfin saat ini, menurutnya adalah tanda degradasi biologis biomassa, pembusukan materi biologis.

"Ini terjadi bukan pada aktivitas biologis mikroorganisme tersebut, bukan karena aksi enzimatiknya, melainkan dipengaruhi oleh kendala kimiawi fisik,” jelas Milojevic.

Fosfin tampaknya terbentuk ketika zat kaya zat besi dengan sejumlah kecil fosfor bertemu dengan lingkungan asam, skenario yang mungkin terjadi di awan Venus. Untungnya, celah dalam memahami fosfin itu sendiri tidak akan melakukan perjalanan ke Venus untuk mengisi. Melakukan eksperimen laboratorium yang hilang akan memberi tahu para ilmuwan apakah dan bagaimana mikroba menghasilkan fosfin di Bumi, membawa mereka selangkah lebih dekat dengan apa arti keberadaannya di Venus.