Selasa 15 Sep 2020 10:47 WIB

Selain Covid-19, Peneliti Berburu Vaksin 3 Penyakit Ini

Ketiga penyakit ini bertanggungjawab atas kematian 2,7 juta orang tiap tahunnya.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Vaksin Covid-19 (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Ted S. Warren
Vaksin Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih dari 28 juta orang di seluruh dunia sekarang telah tertular COVID-19, dan lebih dari 900 ribu orang telah meninggal. Kelompok penelitian di seluruh dunia dengan cepat berlomba untuk menemukan vaksin untuk melindungi terhadap SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19.

COVID-19 bukanlah satu-satunya penyakit yang saat ini vaksinnya dicari oleh para ilmuwan. Dilansir di ABC News, Selasa (15/9), tiga penyakit lainnya yang vaksinnya masih dicari adalah malaria, tuberkulosis dan HIV / AIDS.

Baca Juga

Ketiganya bertanggung jawab atas sekitar 2,7 juta kematian setahun di seluruh dunia. Kematian akibat ketiga penyakit ini bisa hampir dua kali lipat selama tahun depan sebagai akibat terganggunya layanan kesehatan dalam menghadapi COVID-19.

Ini adalah contoh nyata dari efek tidak langsung dari penyakit menular yang tidak terkendali. Ini juga mengingatkan kita akan pentingnya penelitian vaksin untuk banyak parasit, virus dan bakteri menular lainnya yang dapat menyebabkan penyakit dan kematian.

Malaria

Malaria adalah penyakit parasit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Gejala umumnya seperti flu: demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan. Jika tidak segera ditangani, malaria dapat menyebabkan penyakit parah dan kematian.

Pada 2018, hampir setengah dari populasi dunia berisiko terkena malaria. Ada sekitar 228 juta kasus dan 405 ribu kematian akibat penyakit tersebut, terutama pada anak balita di sub-Sahara Afrika.

Obat antimalaria secara rutin digunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi malaria. Tetapi Plasmodium falciparum, parasit malaria paling mematikan yang dapat menginfeksi manusia, telah mengembangkan resistansi terhadap semua obat yang saat ini digunakan untuk mengobati dan mencegah malaria.

Pengembangan vaksin malaria diperumit oleh berbagai bentuk, atau tahapan siklus hidup, dari parasit dalam tubuh manusia.  Respons imun yang diperlukan untuk membunuh parasit berbeda di antara tahapan yang berbeda ini. Jadi kandidat vaksin malaria biasanya menargetkan hanya satu tahap parasit.

Perusahaan farmasi multinasional Inggris GSK telah melisensikan vaksin malaria pertama di dunia, Mosquirix. Ini menargetkan tahap parasit saat nyamuk menyuntikkannya.

Meskipun itu satu-satunya kandidat vaksin malaria yang berhasil menyelesaikan uji coba fase 3, Mosquirix hanya memiliki efektivitas sedang (kurang dari 40 persen) yang menurun dengan cepat setelah dosis terakhir. Jadi kita membutuhkan vaksin yang lebih efektif yang mampu mendorong kekebalan jangka panjang.

Ada 20 calon vaksin malaria lainnya yang sedang dalam evaluasi pra klinis atau klinis lanjutan. Di garis terdepan adalah vaksin sporozoit utuh Sanaria (PfSPZ), yang juga menargetkan tahap parasit yang disuntikkan oleh nyamuk. Saat ini sedang dievaluasi efektivitasnya di Afrika.

Tuberkulosis

Secara global, tuberkulosis adalah penyebab utama kematian oleh satu agen infeksius. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyebar dari orang ke orang melalui udara dan terutama memengaruhi paru-paru.

Tuberkulosis bertanggung jawab atas 1,5 juta kematian pada tahun 2018. Sekitar seperempat populasi dunia menderita tuberkulosis laten, yang tidak memiliki gejala dan tidak menular. Tetapi 5 sampai 15 persen dari orang-orang ini akan terus mengembangkan penyakit menular yang aktif.

Umumnya, tuberkulosis dapat diobati secara efektif dengan obat antimikroba.  Tetapi munculnya tuberkulosis yang resistan terhadap beberapa obat merupakan penyebab utama kematian dan masalah kesehatan masyarakat yang serius.

Kita memiliki satu vaksin berlisensi untuk tuberkulosis. Vaksin BCG pertama kali digunakan pada tahun 1921 dan biasanya diberikan kepada bayi di negara dengan prevalensi tuberkulosis yang tinggi. Tetapi tingkat dan durasi perlindungan yang ditawarkan vaksin ini tidak cukup untuk mengendalikan penyakit.

Para ilmuwan sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin profilaksis (untuk mencegah infeksi sejak awal) dan vaksin pasca pajanan (untuk mencegah perkembangan penyakit pada orang dengan tuberkulosis laten).

Setidaknya 14 kandidat vaksin tuberkulosis sedang dalam uji klinis, dengan hasil yang menjanjikan memberikan harapan kami mungkin dapat mengendalikan penyakit ini dengan lebih baik di tahun-tahun mendatang.

HIV / AIDS

Sejak ditemukannya human immunodeficiency virus (HIV) pada 1980-an, penyakit ini telah menyebabkan 33 juta kematian dengan kira-kira 770 ribu pada 2019. Sekitar 38 juta orang mengidap HIV / AIDS di seluruh dunia.

Saat ini tidak ada obat atau vaksin pelindung. Sementara terapi antivirus secara efektif dapat mengendalikan HIV, sekitar 20 persen (7,6 juta) pasien yang terinfeksi HIV tidak memiliki akses ke sana.

Para peneliti bertujuan untuk mengembangkan vaksin pelindung terhadap HIV. Fokus utama adalah mengembangkan antibodi penawar secara luas (antibodi yang dapat menyerang jenis HIV yang berbeda) pada pasien yang terinfeksi HIV.

Pada akhirnya, COVID-19 telah meningkatkan kesadaran publik tentang jenis tantangan ilmiah yang dihadapi para peneliti setiap hari. Tidak ada solusi atau jalan pintas dalam pengembangan vaksin yang aman dan efektif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement