Senin 14 Sep 2020 22:00 WIB

RSUD Tanah Abang Siapkan 40 Tempat Tidur Khusus Covid-19

RSUD Tanah Abang telah ditunjuk secara resmi tangani kasus Covid-19 Jakarta.

RSUD Tanah Abang telah ditunjuk secara resmi tangani kasus Covid-19 Jakarta (Foto: ilustrasi RS Covid-19)
Foto: AP/Achmad Ibrahim
RSUD Tanah Abang telah ditunjuk secara resmi tangani kasus Covid-19 Jakarta (Foto: ilustrasi RS Covid-19)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanah Abang baru ditetapkan sebagai salah satu rumah sakit penanganan kasus COVID-19 di JAkarta. Terkait hal ini, RSUD Tanah Abang menyiapkan sebanyak 40 tempat tidur untuk merawat pasien Covid-19.

"Saat ini kita rencana menuju 40 tempat tidur. Tapi ada beberapa yang lagi direnovasi menyesuaikan dengan alur protap pelayanan COVID-19," ujar Direktur RSUD Tanah Abang Savitri saat dihubungi, Senin (14/9).

Baca Juga

Savitri mengataka,n RSUD Tanah Abang telah menangani kasus COVID-19 sebelum ditunjuk secara resmi melalui SK Kepala Dinas Kesehatan DKI sebagai rumah sakit khusus untuk penanganan kasus COVID-19. Awalnya di Jakarta Pusat, RSUD Tanah Abang telah lebih dahulu ditunjuk sebagai rumah sakit jejaring penanganan COVID-19.

"Untuk kesempatan ini, kita ditunjuk resmi sebagai rumah sakit rujukan khusus COVID-19 bersama RSUD Cempaka Putih dan Sawah Besar," kata Savitri.

Terhitung sejak ditunjuk menjadi rumah sakit jejaring penanganan COVID-19, RSUD Tanah Abang telah menangani sekitar 200 pasien yang terkonfirmasi positif. Pihak RSUD Tanah Abang telah menyiapkan sekitar 150 tenaga medis mulai dari perawat hingga dokter.

"Itu yang kami tangani ya fluktuatif kategorinya. Tidak hanya yang komorbid, tapi juga ada yang bergejala. Lalu ada juga anak-anak. Ya kita tidak tergantung kategori karena pelayanan kan untuk semua," ujar Savitri.

"Kurang lebih 150. Karena di kita ada sekitar 100 lebih perawat. Lalu dokter spesialisnya sebanyak 17 orang, itu spesialisasinya macam-macamdan dokter umumnya sekitar 20 orang. Itu belum terhitung pegawai administrasi dan bagian farmasi," tambahnya lagi.

Pada Selasa (8/9), tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kota Jakarta Pusat akan dikhususkan untuk menangani kasus COVID-19. Nantinya, pelayanan umum bagi masyarakat tidak lagi dilakukan di tiga rumah sakit itu hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Tiga RSUD itu adalah RSUD Cempaka Putih, Tanah Abang dan Sawah Besar," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari saat dihubungi, Selasa.

Selain penambahan RSUD, DKI Jakartaakan menggunakan hotel ataupun penginapan sebagai lokasi isolasi mandiri bagi pasien kasus konfirmasi atau kerap dikenal dengan Orang Tanpa Gejala (OTG). Rencana itu tertuang dalam Pergub DKI 88/2020 yang mengatur berjalannya PSBB jilid 2 di DKI Jakarta

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement