Senin 14 Sep 2020 13:19 WIB

Instagram akan Kenakan Biaya untuk Tautan dalam Teks?

Paten menunjukkan Instagram menanyakan apa akan membayar untuk pop up berisi URL.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: flickr
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram mungkin akan mempertimbangkan untuk mengenakan biaya untuk menambahkan tautan ke keterangan foto. Hal ini terlihat dari aplikasi paten yang diajukan Instagram.

Dilansir dari The Verge, Senin (14/9), aplikasi paten pertama kali diajukan oleh perusahaan induk Instagram, Facebook pada 2016. Aplikasi ini menunjukkan pop-up yang muncul ketika pengguna menambahkan URL ke keterangan dan menanyakan apakah pengguna ingin membayar dua dolar dolar Amerika Serikat (AS) untuk menayangkan tautan tersebut.

Baca Juga

Cara kerjanya adalah jika sistem daring mendeteksi konten teks dari teks tersebut, termasuk string teks tautan yang mengidentifikasi alamat, sistem daring meminta pengguna yang mengunggah untuk membayar biaya sebagai imbalan untuk membuat tautan.

Ini telah lama menjadi salah satu keluhan terbesar tentang Instagram. Yakni, jika  ingin menyertakan tautan ke sebuah cerita, produk atau apa pun kiriman pengguna, mereka tidak dapat menambahkan URL ke keterangan foto.

Kebanyakan orang menggunakan cara tautan di biodata dan pengguna Insta terverifiasi dapat menambahkan tautan ke Instagram Story mereka. Pertanyaannya di sini adalah apakah influencer Instagram, jenama, dan pengguna lain bersedia membayar biaya per tautan.

Seperti halnya paten lainnya, penting untuk diperhatikan bahwa perusahaan selalu mengajukan paten untuk produk dan layanan mungkin tidak pernah digunakan. Jadi, tidak ada yang tahu apakah atau kapan fitur ini mungkin benar-benar diaplikasikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement