Senin 14 Sep 2020 09:21 WIB

Doni Klaim Kasus Covid-19 Indonesia Seperti Filipina

Indonesia duduki peringkat kedua kasus Covid-19 di Asia Tenggara.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Indira Rezkisari
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyebut kasus Covid-19 Indonesia relatif sama dengan Filipina.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyebut kasus Covid-19 Indonesia relatif sama dengan Filipina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penularan virus corona SARS-CoV2 (Covid-19)  di Indonesia masih tinggi, bahkan di antara negara-negara lain di Asia Tenggara. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengeklaim, kondisi Covid-19 di Tanah Air relatif sama seperti di Filipina.

"Kondisi Filipina tidak jauh berbeda dengan Indonesia sekarang ini," ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo saat mengisi konferensi virtual BNPB bertema "Radio Bertanya, Doni Monardo Menjawab", Ahad (13/9) petang.

Baca Juga

Terkait beberapa negara lain di Asia Tenggara yang sudah mulai bisa mengendalikan penularan virus ini seperti Singapura dan Thailand, Doni memiliki jawaban. Menurutnya, setiap negara memiliki persoalan yang berbeda.

"Ada negara yang sekian hari tidak mendapatkan kasus kemudian dapat kasus baru. Artinya, tidak ada negara yang betul-betul aman," katanya.

Tak hanya itu, ia menyebutkan jumlah penduduk ikut mempengaruhi. Indonesia memiliki penduduk yang sangat banyak di Asia Tenggara yaitu 270 juta dan kasus positif harian Covid-19 sekarang diatas 3 ribuan per hari.  

Meski mengalami peningkatan kasus, ia menyebutkan tidak semua wilayah Indonesia mengalami masalah yang sama. Ia mengakui memang beberapa daerah mengalami peningkatan kasus positif Covid-19 terutama Jakarta. Kendati demikian, ia menyebutkan di wilayah Tanah Air lainnya ternyata masih ada daerah yang belum mengalami kasus Covid-19 baru.

"Karena itu kami mendukung dan kami memberikan apresiasi khusus kepada para pimpinan di daerah termasuk seluruh tokoh-tokoh masyarakat (dalam menangani Covid-19)," katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi peran masyarakat. Sebab penanganan Covid-19 bukan hanya pekerjaan pimpinan melainkan juga seluruh komponen masyarakat.

Dilansir laman Worldometers pada Ahad (13/9), Filipina menempati urutan pertama yang melaporkan kasus Covid-19 terbanyak di Asia Tenggara. Setelah itu disusul oleh Indonesia.

Di Filipina hingga Ahad, terdapat 261.216 kasus, kemudian Indonesia 218.382, Singapura 57.406, Malaysia 9.915, Thailand 3.473, Myanmar 2.796, Vietnam 1.063, Kamboja 275, Brunei Darussalam 145, Timor Leste 27 dan Laos 23 kasus positif Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement